Opinion

6 Tools Digital yang Dapat Membantu Kerja Remote

[Foto: pixel2html.com]
[Foto: pixel2html.com]
Bekerja remote saat ini sudah bukan lagi sebuah halangan. Terlebih bagi generasi millennial yang sejak awal hidupnya telah sukses terpapar teknologi dan mengalami proses digitalisasi. Yang perlu dilakukan hanyalah memilih berbagai tools yang dapat membantu proses kerja jarak jauh tersebut.

Saat ini banyak sekali tools yang bisa digunakan untuk bekerja bersama-sama dalam jarak. Tools tersebut memungkinkan kita untuk tetap berkomunikasi dan berbagai file dengan aman tanpa perlu khawatir akan bocor atau dicuri oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Beberapa di antaranya bahkan memberikan fasilitas berupa video call ataupun monitoring anggota. Berikut ini adalah beberapa tools yang bisa sangat membantu kerja-kerja remote dari seluruh dunia.

1. Slack

Bagi Anda yang bekerja secara remote, Slack barangkali adalah aplikasi yang tidak asing di telinga. Hal ini karena Slack memang merupakan salah satu tools yang paling banyak dipakai untuk kerja remote karena layanannya yang cukup lengkap. Dari mulai chatting hingga berbagi file tersedia di sini. Slack juga dapat dikoneksikan dengan berbagai tools lain yang akan semakin menunjang kinerja performa Anda dalam bekerja remote. Di Slack, channel komunikasi bisa terbagi ke dalam beberapa bagian berdasarkan topik, sehingga kerja lebih terorganisasi dan dapat dipantau dengan lebih rapi. Istimewanya lagi, aplikasi Slack hadir baik di ponsel maupun PC dengan berbagai operating system seperti Android, iOS, maupun Windows.

2. Join.me

Tak berbeda jauh dengan Slack, Join.me juga menawarkan kemudahan lewat berbagai fitur yang disediakan. Salah satu fitur paling unggulan yang ia miliki adalah screen-sharing. Fitur ini sangat berguna untuk kerja remote, terutama untuk menjelaskan hal-hal tertentu dalam meeting ataupun untuk menunjukkan laporan dari suatu dashboard tertentu.

3. Skype

Selama ini Skype dikenal sebagai aplikasi untuk video call. Tetapi, ternyata tidak hanya itu. Skype sangat berguna untuk kerja remote, selain karena memiliki fasilitas unggulan berupa video call, lewat aplikasi ini kita juga dimungkinkan untuk melakukan chatting hingga berbagi file dengan tingkat keamanan yang cukup tinggi. Skype juga tersedia di berbagai gadget, baik itu mobile maupun desktop.

4. HipChat

Tool satu ini bisa dibilang unik, karena ia mengombinasikan berbagai fitur seperti chatting, screen-sharing, video call, hingga berbagi file. Istimewanya, HipChat dilengkapi dengan fitur archive yang memungkinkan penggunanya mengakses file lama dengan mudah hanya dengan mengetik di kolom pencarian. Aplikasi ini bagus untuk komunikasi yang sifatnya casual serta meeting dengan berbagai anggota tim.

5. Google Hangout

Sebagai perusahaan raksasa digital di dunia, Google juga tak ketinggalan dalam menelurkan tool yang dapat membantu kerja remote berjalan dengan efektif. Salah satunya produk unggulan Google tersebut adalah Hangout. Menggunakan Google Hangout adalah cara paling praktis untuk berkomunikasi dengan tim maupun klien, khususnya apabila kalian menggunakan layanan Google untuk kehidupan sehari-hari. Sebab seperti yang kita tahu, semua aplikasi berbasis Google terintegrasi melalui satu akun, sehingga Hangout menjadi pilihan paling praktis bagi Anda yang ingin meeting dengan rekan kerja jarak jauh.

6. Trello

Trello merupakan salah satu tools paling populer yang banyak dimanfaatkan untuk manajemen tim. Hal dikarenakan fitur-fiturnya yang cukup lengkap untuk memenuhi semua kebutuhan kerja jarak jauh. Trello memiliki berbagai fungsi utama, di antaranya boards, lists, checklist, hingga attachments. Dengan menggunakan Trello, kita bisa memantau pekerjaan apa saja yang sudah selesai dan melihat sejauh mana progress untuk masing-masing jobdesc yang telah dibagi kepada tiap-tiap orang dalam tim.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID