Tips & Guide

6 Trik Agar Hasil Foto Smartphone Sekeren Kamera Profesional

[Foto: Pexels.com]
[Foto: Pexels.com]
Zaman sekarang ini mungkin sulit menemukan pengguna smartphone yang ponselnya tak dilengkapi dengan kamera. Ya, kamera ponsel telah mengubah wajah dunia fotografi, dan menggeser gagasan fotografi tradisional. Selain karena lebih praktis dan mudah dibawa-bawa dibandingkan kamera DSLR atau bahkan kamera saku, ponsel pintar saat ini juga telah dipersenjatai dengan kamera built-in berkekuatan cukup lumayan untuk menghasilkan foto berkualitas tinggi.

Fenomena ini telah mendorong perkembangan aplikasi ponsel phot0-sharing dan photo-editing, dan mungkin telah mengubah cara kerja para fotografer profesional dan jurnalis foto. Saat ini, makin banyak wartawan yang meliput berbekal hanya kamera ponsel mereka saja, tanpa membawa kamera profesional. Begitu juga dengan para blogger dan para penjual di online marketplace, yang dengan percaya diri memajang hasil foto dari ponsel mereka di Internet. Lalu bagaimana cara mereka membuat hasil jepretan kamera ponsel nampak begitu profesional?

Bersihkan lensa kamera secara rutin. Kamera ponsel bisa menjadi sarang debu, dan akhirnya menghasilkan foto yang buram. Bersihkan lensa kamera smartphone Anda secara rutin dengan kain yang bersih dan lembut.

Atur setting dan resolusi kamera ponsel. Makin tinggi resolusi kameranya, maka hasil foto yang Anda dapatkan akan makin baik. Selain itu, Anda juga harus rajin mengutak-atik setting pada kamera ponsel Anda, jangan hanya mengandalkan mode “Auto” saja. Beberapa ponsel memiliki fitur kamera yang bisa diunduh. Cek lagi ponsel Anda, siapa tahu ada setting yang bisa digunakan untuk mempertajam gambar, meningkatkan kualitas warna dan pencahayaan, dan sebagainya.

Mendekat ke obyek foto. Jangan gunakan zoom kecuali terpaksa. Zoom akan menurunkan resolusi foto kamera ponsel dan membuat hasilnya agak pecah. Ambillah foto dalam jarak yang baik, dengan demikian Anda akan mendapatkan foto dengan resolusi yang lebih baik. Jika ingin foto yang lebih dekat, lebih baik ambil foto dan crop hasilnya.

Dapatkan cahaya yang baik atau atur pencahayaan. Kebanyakan hasil foto kamera ponsel jadi kurang baik jika cahaya yang menerangi obyek foto tidak mencukupi. Karena itulah, hasil foto outdoor dari kamera ponsel akan lebih baik dibandingkan hasil foto indoor. Jika Anda ingin memotret obyek yang bisa dipindahkan, usahakan memotret di luar ruangan. Jika memang harus memotret di dalam ruangan, gunakan pencahayaan tambahan, seperti dengan meletakkan cermin dekat obyek foto, meletakkan kertas putih, atau sesuatu yang bisa memantulkan cahaya. Tidak disarankan menggunakan flash light, karena pencahayaan alami hasilnya akan lebih baik.

Perhatikan waktu jeda shutter kamera ponsel. Tak seperti DSLR atau kamera saku, kamera smartphone memiliki shutter leg, atau waktu jeda antara ketika Anda menekan tombol hingga saat kamera mulai memotret. Karena itulah, sebaiknya Anda tetap menahan posisi kamera selama beberapa waktu hingga kamera selesai mengambil gambar supaya hasil gambarnya bagus dan tidak goyang. Anda bisa menggunakan tripod supaya ponsel tidak goyang.

Perhatikan komposisi foto. Fotografer profesional tahu apa yang disebut komposisi foto untuk menghasilkan foto yang cantik dan sempurna. Hal ini juga bisa Anda terapkan ketika memotret dengan kamera ponsel, sehingga foto yang dihasilkan bisa sekeren hasil foto profesional. Beberapa tips mengenai komposisi foto di antaranya: penuhi frame dengan obyek foto, dan jangan biarkan ruang kosong mendominasi foto. Cek juga obyek dalam frame, jangan sampai ada bagian dari obyek (seperti tangan, kaki, dan sebagainya) terpotong tanpa alasan yang kuat. Maksimalkan point of view, yakni usahakan mengambil foto dari sudut pandang yang menarik, tak melulu dari depan. Ketika memotret manusia, usahakan agar mata selalu berada di atas garis tengah foto.

 

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID