News

7 Aplikasi untuk Membuat Anda Bahagia dan Produktif Ketika Bekerja Remote

[Foto: Pexels.com]
[Foto: Pexels.com]
Buat Anda yang hobi travelling atau beraktivitas di luar ruangan, memiliki pekerjaan yang tidak mengharuskan datang ke kantor tentu merupakan impian yang jadi kenyataan. Namun begitu Anda bekerja di luar kantor selama beberapa waktu, Anda pun mulai merasakan beberapa tantangan baru yang membuktikan bahwa bekerja dari jarak jauh (remote working) ternyata tidak semudah yang dibayangkan!

Untungnya, sekarang sudah ada banyak alat digital yang bisa membantu Anda bekerja di luar kantor, atau bahkan membangun perusahaan dari jarak jauh! Buktinya, ada banyak perusahaan global seperti Buffer, Virgin, Basecamp, dan WordPress yang beroperasi dengan ratusan pekerja yang bekerja secara remote di seluruh dunia dan tetap mampu menjalani kerja tim dengan baik. Bagaimana mereka melakukannya? Yuk, intip rahasianya!

Slack. Aplikasi ini sangat membantu ketika Anda butuh berkoordinasi dengan anggota tim. Slack juga memungkinkan tim Anda selalu terhubung dan berinteraksi satu sama lain. Anda bisa membuat grup per proyek atau per divisi dengan Slack untuk kemudahan dalam memberi instruksi dan memantau perkembangan proyek.

Asana. Platform online ini sangat berguna dalam mengelola semua sumber daya di perusahaan atau divisi Anda. Bahkan, Anda bisa memasukkan seluruh anggota tim ke dalam Asana dan membagi mereka per proyek atau per divisi, dengan pengaturan yang project-based. Dengan demikian, segala detail mengenai proyek Anda bisa dimasukkan ke dalam Asana untuk memudahkan pemantauan. Anda bisa memberi tugas kepada masing-masing anggota tim (dengan atau tanpa deadline), dan mereka pun bisa memberi feedback atau meng-update status masing-masing tugas, apakah perlu diperpanjang atau sudah selesai.

Sleekr. Aplikasi karya anak bangsa ini memudahkan Anda dalam mengatur dan mengelola informasi, sumber daya, dan karyawan dari jarak jauh (ataupun dekat). Sleekr memiliki dua fitur utama, yakni Sleekr HR dan Sleekr Accounting. Anda bisa menggunakan yang pertama untuk mengelola SDM Anda, mulai dari data pribadi mereka, payroll, cuti, bonus, pph21, hingga pengiriman slip gaji. Sedangkan fitur akuntansi bisa Anda manfaatkan untuk mengelola aset, menghitung hutang piutang, laba rugi, secara otomatis melakukan rekonsiliasi data bank dengan transaksi yang perusahaan jalankan, dan sebagainya. Anda bisa meminta staf HR/GA atau staf Akunting Anda mengoperasikan Sleekr, atau mengoperasikannya sendiri.

Help Scout. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengelola kotak surat (inbox) layanan pelanggan di satu tempat. Jika Anda mengepul seluruh e-mail layanan pelanggan di platform umum seperti Gmail, e-mail yang berisi keluhan dan saran dari pelanggan tersebut tentu akan berantakan dan sulit dilacak. Padahal Anda harus mengirim respon dengan segera. Dengan Help Scout, Anda bisa memasukkan tim layanan pelanggan Anda dan mengelola semua tiket keluhan pelanggan di satu tempat.

Trello. Aplikasi ini akan membantu Anda menjalankan dan mengelola aktivitas terkait content marketing. Seperti Anda tahu, content marketing adalah strategi yang bisa melesatkan pertumbuhan situs web secara ampuh. Dengan Trello, Anda bisa melakukan brainstorming dengan tim, mengelola dan mempublikasi artikel kapan saja dan dimana saja. Sebelumnya, orang menggunakan Google Spreadsheet yang kurang praktis. Namun dengan Trello, Anda bisa mengelola semua hal dan membaginya dalam beberapa kategori: Ideas, To-do’s, To be published, dan Published.

WordPress. Platform manajemen konten yang sangat customized ini telah dipergunakan secara luas oleh banyak perusahaan, baik startup atau perusahaan mapan skala global seperti Wall Street Journal, TechCrunch dan sebagainya. Duapuluh persen situs web dioperasikan dengan WordPress untuk satu alasan, belum ada yang menandingi platform tersebut untuk urusan manajemen konten.

Calm. Betapapun menyenangkannya sebuah pekerjaan, tentu ada saat-saat di mana Anda merasa stres dan kewalahan. Itulah saatnya memanfaatkan platform online Calm untuk membantu Anda menenangkan diri dan mendinginkan otak. Platform ini memiliki banyak bunyi-bunyian dan melodi penenang pikiran, juga meditasi selama 5 hingga 10 menit dengan panduan untuk membantu melepas stres.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID