Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

7 Aset Penting Memulai Bisnis Fashion

Sebelum memulai bisnis, terutama bisnis fashion, Anda harus mempersiapkan diri dengan memiliki aset-aset penting yang dapat menunjang kesuksesan. Tak bisa dipungkiri pengalaman memulai bisnis bagi kebanyakan orang bukanlah hal yang mudah. Hal yang sering terjadi, banyak pertimbangan sehingga tak jarang membuat orang urung memulai bisnis. Maka itu, sangat penting memiliki berbagai aset sebelum memulai bisnis.
 
Saat mendengar kata aset bisnis, biasanya yang langsung terpikir adalah aset material seperti toko, mobil, mesin, atau komputer. Padahal dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, aset adalah modal, sesuatu yang mempunyai nilai tukar atau kekayaan. Aset bisnis tak hanya berarti benda atau barang material, tapi juga kekayaan intelektual sang pengusaha. 
 
Ketika memulai bisnis fashion aset yang penting tidak hanya aset benda tapi juga aset non-material. Apalagi bisnis fashion adalah bisnis yang sangat mengandalkan kreativitas. Sebelum terjun langsung, coba amati apakah Anda punya aset yang siap digunakan membangun bisnis fashion.
 
 

1. Punya Visi dan Misi Jelas

Saat memulai bisnis fashion, Anda harus mengetahui visi dan misi yang akan menjadi panduan untuk mencapai tujuan bisnis dari awal. Seringkali suatu usaha pada saat mulai berkembang pada tahap berikutnya mengalami kegagalan karena tidak fokus pada visi dan misi mereka.
 

2. Kreativitas

Bisnis fashion termasuk dalam bisnis kreatif. Artinya bisnis ini selalu berubah-ubah, memiliki unsur unik dan dinamis. Tindakan dan sikap kreatif tersebut tak hanya berlaku saat membuat produk fashion. Kreativitas juga berlaku dalam berpikir out of the box dan mencari alternatif solusi yang membantu bisnis Anda untuk berhasil.
 

3. Networking


Disadari atau tidak, networking adalah aset penting dalam memulai bisnis, baik bisnis fashion atau bisnis lainnya. Semakin luas Anda memiliki jalinan pertemanan dan koneksi, maka semakin besar kemungkinan berhasil dalam bisnis. Terutama dalam bisnis fashion, networking dapat berguna saat Anda ingin memasarkan produk atau masuk ke lingkungan high fashion melalui fashion show.
 

4. Pengetahuan Akan Bisnis Fashion

Sama seperti memulai bisnis pada umumnya, Anda harus terlebih dahulu melengkapi diri dengan informasi dan riset. Dalam hal ini, Anda harus memiliki pengetahuan mengenai dunia fashion. Rajin-rajinlah membaca hal yang berhubungan dengan fashion dan jangan malu bertukar pikiran dengan rekan yang lebih paham tentang fashion
 

5. Sikap Profesional

Membangun dan menjalankan suatu bisnis tidaklah mudah, diperlukan sikap profesional yang membuat Anda tetap bertahan. Sikap seperti ini akan sangat berguna saat mengalami masalah dengan rekan bisnis, klien, hingga karyawan Anda. Jika Anda masih belum bisa bersikap profesional seperti mandiri dan tegas, maka bisnis fashion Anda tidak akan berjalan.
 

6. Modal Dana

Mau kecil atau besar, sebelum memulai bisnis fashion yang harus dipersiapkan adalah dana. Mana mungkin Anda memproduksi baju rancangan sendiri, tanpa mempunyai uang untuk membeli material kain dan sebagainya. Untuk memperhitungkan berapa besar biaya yang diperlukan untuk memulai bisnis fashion, jangan malu untuk konsultasi kepada ahli keuangan. 
 

7. Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia atau SDM merupakan salah satu kunci keberhasilan usaha yang sangat penting. Aset terakhir ini juga yang menentukan apakah bisnis fashion Anda akan berhasil atau tidak. Bahkan beberapa ahli berkata, memiliki sumber daya manusia atau karyawan yang baik berarti Anda sudah 50% sukses menjalankan bisnis.