Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

7 Cara Paling Efektif untuk Menghemat Baterai Smartphone Android

[Foto: Shutterstock]
Kesal dengan baterai ponsel yang sering habis pada saat yang tak tepat? Kebanyakan baterai ponsel memang tidak diciptakan untuk bertahan seharian, dan beberapa smartphone memang punya “bakat alami” untuk kehabisan baterai. Layar AMOLED dan LCD yang besar dan aplikasi yang berat sangat melelahkan bagi baterai Anda, namun ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat baterai smartphone Android bertahan lebih lama. Berikut berbagai cara untuk membuat baterai smartphone Android bertahan lebih lama.

1) Wallpaper hitam bisa memperpanjang daya baterai

Jika ponsel Anda memiliki layar AMOLED (seperti kebanyakan perangkat Samsung), gunakan latar belakang berwarna gelap. Wallpaper hitam atau warna gelap dapat meningkatkan masa pakai baterai karena layar AMOLED hanya menerangi piksel berwarna. Pixel hitam tidak menyala, jadi makin banyak piksel hitam atau warna gelap yang ada di layar, semakin sedikit daya yang dibutuhkan untuk menyalakannya.

2) Gunakan Mode Doze

Mode doze sudah ada pada Android Marshmallow, namun pada Android Nougat, fitur ini sudah dikembangkan hingga jauh lebih baik. Sebelumnya, Doze hanya akan bekerja saat smartphone sedang dalam keadaan diam untuk sementara waktu. Tapi sekarang, fitur ini juga bisa berfungsi saat smartphone sedang bergerak (di tas atau saku saat Anda bepergian, misalnya), yang penting layarnya tidak aktif.

Mode doze pada dasarnya hanya akan mematikan hal-hal yang tidak Anda gunakan tergantung pada berapa lama sejak Anda menyentuh smartphone Anda. Jika sedang tidak digunakan, sambungan network di ponsel akan terputus dan sinkronisasi hanya terjadi selama interval tertentu. Bila Anda jauh dari ponsel Anda lebih lama lagi, akan ada lebih banyak hal yang “diistirahatkan”, seperti GPS, pemindaian Wi-Fi dan semua sinkronisasi.

3) Matikan kata kunci (hotword) Google


Jangan biarkan mode pendengar pada ponsel Anda aktif. Kemampuan “OK Google” pada Google voice adalah fitur fantastis dan seringkali sangat fungsional. Masalahnya adalah, fitur tersebut jika dijalankan secara otomatis akan memakan daya baterai Anda, apalagi jika Anda tidak benar-benar menggunakannya, atau hanya menggunakannya sesekali.

Buka setelan Google dari tray aplikasi Anda dan sentuh opsi “Voice”. Di halaman berikutnya, pilih “OK Google detection”. Dalam menu ini, pilihan terbaik untuk menambah ketahanan daya baterai adalah menghilangkan centang di semua kotak, namun jika Anda adalah penggemar OK Google, centang kotak “From the Google app” untuk memastikan perangkat Anda hanya mendengarkan hanya saat Anda membuka aplikasi Google.

4) Update aplikasi Anda

Terus perbarui aplikasi Anda, karena aplikasi diperbaharui oleh pengembang karena berbagai alasan, dan sebagian besarnya adalah untuk mengoptimalkan pemakaian memori atau baterai. Selain itu, hapus aplikasi lama yang tidak lagi Anda gunakan, karena aplikasi-aplikasi tersebut mungkin masih menjalankan proses-proses background yang memakan RAM dan baterai.

5) Matikan auto-brightness

Jangan gunakan tampilan auto-brightness. Fitur ini memang terkesan berguna, tapi hasil setelan auto-brightness biasanya jauh lebih terang dari yang Anda butuhkan. Lebih baik menyetel kecerahan secara manual ke tingkat yang rendah tapi nyaman, dan sesuaikan bila perlu. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan ketahanan baterai Anda, karena layar merupakan salah satu pengisap baterai terbesar.

6) Matikan sinkronisasi otomatis

Nonaktifkan sinkronisasi otomatis untuk akun Google. Jika Anda tidak memerlukan setiap akun Google yang diperbarui setiap 15 menit, cukup buka “Setting” dan “Google account”, lalu matikan sinkronisasi otomatis untuk aplikasi yang tidak perlu diperbarui terus-menerus.

Beberapa aplikasi—seperti email—memungkinkan Anda me-refresh secara manual saat membukanya, dan cara ini lebih baik daripada smartphone Anda melakukan beberapa refresh otomatis sepanjang hari saat Anda mungkin tidak memerlukannya. Hal yang sama berlaku untuk Twitter, Reddit dan sebagainya.

Kecuali jika Anda sangat memerlukan push notification (seperti untuk Facebook atau kalender Anda) cukup sinkronkan saat Anda benar-benar menggunakan aplikasi tertentu di smartphone.

7) Gunakan Greenify

Beberapa aplikasi mungkin kurang efektif menyelamatkan daya baterai smartphone Anda, namun menurut beberapa ulasan, Greenify melakukannya dengan baik. Aplikasi ini memungkinkan Anda meng-hibernasi aplikasi-aplikasi di smartphone saat Anda tak menggunakannya, dan mencegah mereka melakukan background processing.