Tips & Guide

7 Fitur Keren di WhatsApp yang Jarang Diketahui Orang (Bagian 1)

[Foto: Flickr.com/microsiervos]
Tak diragukan lagi, WhatsApp memang merupakan salah satu aplikasi pesan singkat paling populer sepanjang masa. Melayani satu milyar pengguna di seluruh dunia dan lebih dari 30 juta pesan setiap harinya, aplikasi yang dirilis pertama kali pada Januari 2009 ini memang sudah menjadi andalan bagi hampir semua pemilik smartphone di negara manapun, baik untuk berkirim pesan bisnis ataupun pribadi.

Namun dari milyaran pengguna WhatsApp, hanya sedikit yang tahu mengenai fitur-fitur “rahasia” yang bisa jadi sangat berguna ketika berkirim pesan singkat dengan teman, kerabat, ataupun rekan bisnis. Ini dia:

Mengedit pesan gambar. Ya, inilah pembaruan terakhir yang dilakukan WhatsApp untuk memungkinkan penggunanya mengedit gambar sebelum mengirimkannya. Dengan laman obrolan terbuka, Anda bisa menyentuh ikon kamera yang berada dekat kolom pengetikan pesan, lalu pilih salah satu gambar dari galeri ponsel Anda. Lalu pilihlah salah satu dari beberapa ikon baru di bagian kanan atas untuk memotong gambar, menambahkan stiker, memasukkan teks, atau menggambar doodle. Setelah mengedit, Anda bisa langsung meneruskannya ke penerima.

Mengirim gambar animasi GIF. Kemampuan mengirim gambar animasi GIF yang bergerak-gerak memang merupakan salah satu fitur baru di WhatsApp. Namun hal ini hanya bisa dilakukan oleh ponsel berbasis iOS. Walaupun si penerima menggunakan ponsel Android, mereka tetap bisa melihat GIF-nya, walaupun tak bisa balas mengirim GIF.

Baca Juga:  Cara Menyalakan dan Mematikan Night Light di Windows 10 Secara Otomatis

Untuk mengirim GIF, sentuh ikon “+” lalu Photo & Video Library. Anda bisa memilih video dengan durasi maksimal enam detik, lalu pilih “Send as GIF.” Selain itu, Anda juga bisa mengirim GIF dari Giphy jika sudah memasang aplikasi GIPHY Keys yang bisa didapatkan di App Store.

Menandai (tag) seseorang di laman obrolan grup. Sekarang Anda bisa men-tag pengguna WhatsApp lainnya dalam obrolan grup untuk memperoleh perhatian mereka, kalau-kalau mereka membisukan percakapan grup. Untuk memberi tag, Anda cukup mengetik @ dan memilih satu nama yang ada pada daftar nama yang muncul.

Berkirim pesan dengan format-format tertentu. Format-format tersebut termasuk huruf tebal (bold), huruf miring (italic), atau pencoretan kata (strikethrough). Semuanya kini bisa dilakukan di perangkat iOS dan Android, dan caranya pun sangat mudah:

Untuk membuat huruf bold, tambahkan tanda bintang sebelum dan sesudah kata yang ingin di-bold (*contoh*). Untuk membuat huruf italic, tambahkan tanda garis bawah (underscore) sebelum dan sesudah kata yang ingin dimiringkan (_contoh_). Untuk membuat strikethrough, tambahkan tanda tak hingga/tilde sebelum dan sesudah kata yang ingin dicoret (~contoh~).

Baca Juga:  6 Fitur Facebook yang Jarang Diketahui Orang

Melacak kontak yang paling sering berkirim pesan dengan Anda. Mungkin Anda sudah punya perkiraan mengenai siapa orangnya, tapi jika memang penasaran, Anda bisa melacaknya. Fitur ini khusus untuk pengguna perangkat iOS, yang akan menunjukkan siapa kontak yang paling sering berkirim pesan di WhatsApp dan berapa banyak kapasitas penyimpanan di ponsel Anda yang terserap dalam percakapan dengannya. Caranya, pergilah ke Setting, lalu pilih Account, pilih Storage Usage, lalu Select Contact.

Menandai pesan-pesan penting. Adakalanya Anda perlu menandai pesan-pesan penting dari kolega, klien, atau kekasih, dan ingin bisa dengan mudah mengaksesnya kembali tanpa harus mencari di antara tumpukan pesan lain. Fitur ini bisa dilakukan di iOS (pilih menu Chats > Specific chat > Specific message > dobel-klik atau tekan yang lama, lalu tekan bintang) ataupun di Android (pilih menu Chats > Specific chat > Specific message > tekan yang lama lalu tekan bintang). Anda pun bisa mengakses pesan-pesan tersebut di bagian Starred Messages.

Baca Juga:  Tips Memaksimalkan dan Meningkatkan Koneksi 3G Anda

Membuat shortcut untuk percakapan tertentu. Untuk alasan yang sama dengan poin di atas, Anda bisa membuat shortcut untuk memudahkan Anda menemukan dan mengakses kembali percakapan tertentu. Namun fitur ini hanya ada untuk perangkat Android. Caranya adalah, pilih menu Chats > Specific chat > Menu > More > Add Shortcut atau, pilih menu Chats > tekan yang lama individual chat > Menu > Add Chat Shortcut.

Mengedit dan menghapus pesan terkirim. Fitur terbaru WhatsApp ini sangat berguna ketika Anda salah kirim pesan, tak sengaja mengirim pesan typo, yang membuat Anda harus mengedit pesan yang sudah terkirim tersebut. Fitur ini juga memungkinkan Anda untuk menghapus alias menarik kembali pesan yang sudah dikirim, seolah Anda tak pernah mengirimnya. Mengenai caranya, silakan baca di artikel ini.