Review

7 Fitur Terbaru dari BBM Versi Anyar

[Foto: financialpost.com]
Aplikasi chatting Blackberry Messenger (BBM) kembali menghadirkan berbagai fitur terbaru yang bakal memanjakan para penggunanya. Apa saja? Berikut ulasannya, sebagaimana dilansir dari Liputan6.

1. Latar Chat dengan Berbagai Pilihan Warna

Kini, para pengguna BBM bisa mengubah latar chat dengan berbagai pilihan warna. Caranya adalah masuk ke tab ‘Me’ pilih ‘Chats’ kemudian ‘Chats Background’, dan pilihlah latar warna yang diinginkan.  Sedangkan untuk pengguna BBM di perangkat iOS, bisa pilih menu ‘Me’ lalu ‘Setting’ kemudian pilih ‘Chat Background’.

Selain menghadirkan fitur latar chat dengan beragam warna, BBM juga memperbaiki tampilan serta nuansa antarmuka supaya lebih mudah digunakan serta sesuai selera pengguna.

2. Kustom PIN BBM Gratis

Selama ini, pengguna BBM mendapat PIN BBM secara acak berdasarkan sistem. Namun kini, pengguna bisa kustom sendiri PIN yang mereka inginkan secara gratis. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu lagi memberitahukan nomor telepon genggam atau email untuk menambah teman. Nantinya, PIN itu bakal menjadi milik mereka selamanya.

Baca Juga:  Cara Mudah Download AVG Antivirus Free 2017 Secara Gratis

Cara mengubah PIN yang lama menjadi kustom sesuai selera, cukup membuka menu ‘Me’, lalu pilih menu ‘PIN’ dan masukkan PIN baru yang Anda inginkan. Apabila PIN itu tersedia, maka secara otomatis dapat digunakan.


Adanya fitur ini juga semakin mempermudah pengguna dalam menambah teman di BBM. Sebab, PIN BBM hasil kustom sendiri bakal lebih mudah diingat, diucapkan, dan diketik.

3. Tampilan Grid di Menu Discover

Dengan bertambahnya beberapa fitur baru di BBM, Menu Discover BBM pun semakin panjang. Oleh karena itu, BBM menghadirkan tampilan grid baru di menu Discover. Hal ini dilakukan agar mempermudah pengguna dalam menemukan fitur in-app favorit.

Mengingat banyaknya pilihan fitur di layar, membuat BBM menampilkan ikon dengan warna sama pada setiap layanan. Ini membuat tampilan semakin rapi dan mudah ditemukan.

4. Mengurangi Konsumsi Data Saat Berbagi File

Kini, pengguna bisa lebih menghemat penggunaan data saat berbagi berkas (file) di BBM Messenger. Pengguna bisa memilih untuk mengunduh foto dan video secara otomatis menggunakan WiFi saja, atau kombinasi antara WiFi dan data mobile.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna bisa masuk ke menu ‘Me’ kemudian pilih ‘General’ untuk Android atau ‘Settings’ untuk iOS. Lalu, pilih menu ‘Data’ dan ‘Storage Usage’. Di situ, Anda bisa menentukan cara mengunduh foto atau video tersebut.

Baca Juga:  Hal-Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Membeli iPhone Bekas

5. Lebih Mudah dan Cepat Kirim Video Berkualitas Tinggi

Saat mengirim video dan foto berkualitas tinggi ke percakapan pribadi ataupun grup, pengguna kini bisa melakukannya lebih mudah dan cepat. Pilihlah video dari kamera atau galeri, lalu rapikan video di layar pratinjau (preview). Lalu, bagikan file tersebut.

6. Rekam Pesan Suara Lebih Cepat untuk iOS

Bila pengguna BBM di iOS ingin mengirim pesan suara, nantinya mereka cukup tekan ikon mikrofon warna biru yang terdapat di kanan bawah layar chat. Tekan dan tahan saat merekam, lalu lepaskan untuk mengirim.

7. Fitur Pencarian di Sticker Shop

Hingga saat ini, BBM punya lebih dari 1.500 paket stiker di BBM Messenger. Dua fitur baru, yakni Featured and Search, bakal membantu pengguna dalam menemukan apa yang ingin mereka temukan secara lebih cepat.

Penasaran ingin merasakan berbagai fitur-fitur seru dan menarik di atas? Segera unduh BBM Messenger versi terbaru melalui App Store atau Google Play Store. Selamat mencoba!

Baca Juga:  Trik Menghapus Seluruh Data di Ponsel dengan Benar dan Aman