Home  »  Opinion   »  
Opinion

7 Poin yang Harus Diperhatikan dalam Digital Marketing di Tahun 2017

[Foto: pixabay.com]
Tahun 2017 nampaknya menuntut semua bisnis untuk mulai menggunakan digital marketing. Pasalnya, jika bisnis Anda tetap stuck dengan strategi offline, Anda akan kehilangan peluang sedemikian besar melalui customer yang dapat Anda raih di internet. Tahun 2016, pengguna internet di Indonesia mencapai 132 juta. Angka ini didapatkan berdasarkan survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII). Lebih dari setengah penduduk Indonesia kini telah terhubung ke internet. Itu sebabnya sangat disayangkan jika pasar yang sangat besar tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik menggunakan berbagai metode dalam digital marketing.

Bicara soal digital marketing, tentunya banyak hal yang perlu untuk dibahas untuk mempelajari lebih lanjut. Namun, sebelum merincinya lebih luas, paling tidak bagi Anda yang ingin mulai untuk melakukan hal ini di tahun 2017, ada beberapa poin paling berpengaruh dalam digital marketing yang perlu Anda ketahui. Dalam tulisan ini, poin-poin tersebut akan dibahas secara ringkas dan lengkap.

1. Target pasar

Target pasar menjadi salah satu poin paling penting dalam digital marketing. Hal ini dikarenakan pasar merupakan komponen utama selain produk dalam bisnis yang Anda jalankan. Tanpa pasar yang sesuai, produk yang Anda bangun tak akan ada gunanya, bahkan nyaris sia-sia. Pun dalam digital marketing. Jika Anda menargetkan customer Anda adalah manula yang kebanyakan tidak akrab dengan teknologi digital, barangkali mencoba digital marketing adalah hal yang sia-sia. Namun, sebaliknya jika target customer Anda adalah para millennial yang akrab dengan internet dan teknologi, mungkin cara ini sesuai. Jadi, sebelum melakukan digital marketing, pastikan target pasar Anda jelas dan sesuai dengan demografi internet user pada umumnya.


2. Channel yang digunakan

Jika customer telah ditentukan dengan tepat, kini saatnya Anda memilih channel yang sesuai untuk meraih atensi mereka dengan maksimal. Internet marketing atau digital marketing memiliki banyak sekali channel yang bisa digunakan. Dari mulai content marketing, email, social media, hingga iklan, semuanya tersedia. Tugas Anda adalah memilih apa saja dari sekian banyak channel tersebut yang paling sesuai dengan target pasar Anda. Dengan memilih channel yang sesuai, Anda dapat menghemat biaya maupun tenaga untuk melakukan proses marketing secara digital.

3. Teknologi yang dipakai

Tak cukup sampai sana, penggunaan teknologi di sini juga sangat berpengaruh. Terutama jika Anda mengelola bisnis dalam skala yang cukup besar. Tentu saja tanpa bantuan teknologi Anda akan kewalahan menghadapi customer yang jumlahnya bisa jutaan. Belum jika bisnis Anda memiliki varian produk yang banyak. Dalam hal ini, pemilihan teknologi yang tepat sangat berpengaruh terhadap proses digital marketing yang Anda lakukan.

4. Big Data

Data membantu Anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tidak Anda ketahui. Misalnya saja ada berapa banyak customer yang menginginkan produk Anda, bagian mana dari produk Anda yang paling menarik bagi mereka, hingga apa yang customer harapkan dari produk Anda. Sebuah bisnis digital umumnya wajib memiliki data scientist yang bertugas untuk menyajikan data-data ini kepada digital marketing. Tentu saja big data diperlukan karena proses digital marketing umumnya berlangsung sangat cepat dengan perubahan-perubahan yang umumnya juga sangat dinamis.

5. Konten

Konten adalah tentang bagaimana Anda menyampaikan sebuah produk kepada calon customer. Konten meliputi berbagai hal, baik itu dari segi audio, visual, maupun teks. Dalam digital marketing, konten berperan sangat penting sebab proses marketing dilakukan secara tanpa tatap muka. Sehingga semua pesan tergantung pada konten yang Anda sampaikan.

6. Talent

Jika Anda berada di Indonesia, isu ini barangkali menjadi isu paling krusial, yakni kurangnya sumber daya yang mumpuni di bidang digital marketing. Skill digital marketing menjadi sesuatu yang paling banyak dicari. Sayangnya memang tidak semua orang kompeten dalam melakukan hal ini, termasuk mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia marketing, belum tentu mereka kompeten dalam menggunakan tools maupun berbagai teknologi dalam digital marketing. Oleh karena itu, talent menjadi faktor penting dalam digital marketing yang harus Anda perhatikan.

7. Budget

Last but not least, budget juga salah satu hal yang harus Anda perhatikan dalam digital marketing karena ini adalah salah satu faktor paling penting. Pada prinsipnya, proses digital marketing memang membutuhkan biaya yang tak sedikit. Namun, Anda jangan khawatir karena dengan proses dan teknik yang tepat, revenue yang Anda dapatkan dapat berkali lipat.