Tips & Guide

7 Tips Dandani Akun Instagram Agar Tampil “Stand Out”

[Foto: cloudfront.net]
[Foto: cloudfront.net]
Semenjak diakuisi oleh Facebook, Instagram semakin populer menjadi salah satu channel untuk marketing. Dengan lebih dari 300 juta pengguna dari seluruh dunia, Instagram menyimpan banyak sekali potensi untuk meningkatkan performa bisnis. Kini, kita dapat memanfaatkan Instagram untuk berbagai tujuan bisnis seperti meningkatkan traffic, brand awareness, hingga konversi bagi e-commerce. Terlebih, kini Instagram dilengkapi dengan iklan berbayar lengkap dengan analytics yang memungkinkan kita untuk mengetahui sejauh mana performa campaign yang telah kita jalankan.

Agar menarik semakin banyak orang, tak hanya mengandalkan iklan, akun Instagram untuk bisnis yang kita jalankan juga perlu “didandani” agar semakin stand out. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan sebagai tips untuk memoles akun Instagram agar lebih stand out seperti berikut.

1. Buatlah biografi profil yang mengundang perhatian

Biografi pada profil di Instagram Anda merupakan satu hal yang akan menjumpai calon customer untuk pertama kali. Bagaimanapun, first impression dalam digital marketing memiliki posisi yang sangat penting. Anda perlu mendandani biografi di akun Anda semenarik mungkin.

Biografi profil Instagram setidaknya harus mengandung beberapa komponen, yakni: (1) mendeskripsikan mengenai jenis bisnis yang Anda lakukan beserta brand yang Anda usung, (2) menggunakan bahasa yang menarik dan relevan bagi target audiens, dan (3) menggunakan tagline atau jargon khusus yang memudahkan Anda terkoneksi dengan komunitas bisnis.

2. Sertakan link ke dalam profil

Website dalam profil di Instagram merupakan satu-satunya tempat dimana Anda dapat menaruh sebuah link yang clickable. Seperti yang kita tahu, Instagram tidak mensupport link untuk setiap caption baik di foto maupun video.

3. Buatlah profil Instagram Bisnis Anda

Beberapa waktu lalu, Instagram mengumumkan adanya profil untuk Instagram Bisnis bersamaan dengan diluncurkannya fasilitas iklan berbayar beserta analytics. Menggunakan profil Instagram Bisnis memberikan kesan profesional terhadap calon customer Anda. Selain itu, tools yang disediakan di dalam Instagram Bisnis memungkinkan Anda untuk mengenali lebih dalam perihal bisnis dan audiens Anda

4. Sertakan foto profil yang mencerminkan bisnis Anda

Hal paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah menyertakan logo perusahaan ataupun gambar lain yang relevan untuk menjadi foto profil di akun Instagram Anda. Tujuannya adalah agar user lebih mudah untuk mengenali akun Anda dengan hanya sekali melihat foto profil.

5. Perhatikan palet warna pada setiap post Instagram Anda

Sebagian besar akun Instagram yang memiliki banyak followers memiliki warna yang “senada” untuk setiap fotonya. Meskipun foto tersebut bersifat single, tetapi secara keseluruhan mereka memiliki tema yang sama. Palet warna untuk setiap foto juga memungkinkan Anda untuk melakukan branding. Warna memiliki peran yang sangat penting bagi sebuah brand. Oleh karena itu, penting juga bagi Anda untuk memperhatikan setiap konten yang Anda post ke dalam akun Instagram bisnis yang Anda jalankan.

6. Konsisten dengan jenis font yang digunakan

Lagi-lagi design menjadi hal yang harus Anda perhatikan. Selain dari warna, font juga memberikan pengaruh penting bagi kesan yang Anda ciptakan kepada customer. Penggunaan font yang seragam hampir sama fungsinya dengan warna, yakni sebagai branding. Dengan menggunakan font yang sama, Anda memudahkan customer untuk mengenali identitas dari produk yang Anda tawarkan.

7. Buatlah caption yang “niat” untuk setiap post di Instagram

Caption menjadi satu kekuatan besar selain visual yang ditawarkan oleh Instagram. Menulis caption yang naratif akan menarik perhatian dari customer untuk mengetahui lebih dalam mengenai produk atau perusahaan Anda. Gunakan model bertutur untuk setiap caption yang Anda buat dan jangan terkesan tidak ada niat untuk setiap post yang Anda upload di Instagram.

Selain ketuju poin di atas, tentunya masih banyak hal-hal yang bisa Anda eksplorasi untuk membuat profil Instagram Anda selalu tampil stand out. Pastikan juga Anda konsisten untuk membuat konten agar user atau calon customer tidak merasa bosan dengan post yang itu-itu saja. Selamat mencoba!

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID