Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

7 Tips Merekam Video yang Terlihat Profesional dengan iPhone

[Foto: Shutterstock]
Sejak pertama kali iPhone diluncurkan, perangkat tersebut telah dikenal memiliki kamera berkualitas bagus dengan hasil foto dan video setara kamera profesional. iPhone generasi terbaru, yakni iPhone 7, bahkan mampu mengambil video berkualitas 4K. Namun ketika Anda mengeluarkan smartphone tersebut dari saku dan menekan “record”, bisa jadi Anda tidak memanfaatkan fitur dan kemampuan kamera iPhone Anda secara maksimal.

Rishabh Jain dari International Business Times memaparkan beberapa tips tentang “bagaimana cara merekam video berkualitas pro di iPhone 7”

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat:

Stabilitas

iPhone memang memiliki Optical Image Stabilization (OIS) yang sudah built-in, namun hasil video Anda akan maksimal kualitasnya hanya jika Anda menjaga agar perangkat tersebut tetap stabil saat merekam. Idealnya, jaga agar perangkat tetap dekat dengan tubuh Anda, dan jika Anda bisa, letakkan siku Anda di meja atau permukaan yang rata, saat mengambil video. Anda juga bisa menggunakan tripod, supaya bisa mengambil video berdurasi panjang dengan stabil.

Pencahayaan

Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah memastikan pengaturan pada kamera tetap menyala. Pencahayaan yang cukup sangat penting ketika Anda mengambil video, baik di dalam atau luar ruangan. Jika Anda tidak menyetel pengaturan menyala, Anda dapat menggunakan flashlight yang telah built-in atau bahkan menggunakan opsi-opsi pencahayaan profesional. Anda tidak perlu berinvestasi membeli lampu fotografi profesional, namun Anda dapat menggunakan beberapa lampu USB yang tersedia di pasaran untuk memberi fokus pada obyek video Anda.

Kunci Eksposur


Kamera iPhone dilengkapi dengan fokus otomatis. Kotak kuning muncul di sekitar subjek, yang merupakan kunci fokus dan eksposur. Sebagian besar pengguna tidak menunggu kunci eksposur berfungsi sepenuhnya sebelum mereka mulai merekam video. Anda harus benar-benar menunggu hingga fungsi “exposure lock” berjalan sepenuhnya, dan menentukan exposure dan brightness sebelum Anda mulai merekam video.

Jika Anda tidak menggunakan kunci eskposur, iPhone secara otomatis akan terus menyesuaikan fokus, yang akan membuat video Anda goyah.

Mikrofon

Agar kualitas audio di video Anda jernih, usahakan tempatkan iPhone sedekat mungkin dengan obyek Anda. Jika Anda merekam seseorang, yang terbaik adalah mendekatkan perangkat tersebut ke kepala.

Slow Motion dan Time Lapse

Untuk video slow motion dan time-lapse, hal yang perlu diingat adalah tidak semua obyek cocok dengan video jenis tersebut. Anda memang bisa membuat video gerak lambat seseorang yang menyelam ke kolam renang, namun lain halnya dengan merekam matahari terbit dalam gerakan lambat, yang akan memakan banyak waktu dan kapasitas penyimpanan. Video semacam itu juga mungkin tidak akan tertangkap dengan benar menggunakan ponsel Anda.

Gunakan Airplane Mode

Jika Anda mengambil video selama beberapa menit, ada kemungkinan adanya panggilan masuk ke ponsel Anda, yang berpotensi mengganggu video. Mengaktifkan airplane mode selama pengambilan video berdurasi menengah hingga panjang juga akan menghemat masa pakai baterai, dan ini penting untuk video Anda.

Gunakan perangkat lunak pengeditan

Mengedit dengan perangkat lunak terpisah tidak hanya akan memperbaiki gangguan dalam video Anda, namun juga memungkinkan Anda menambahkan efek. Apple iMovie adalah salah satu perangkat lunak yang direkomendasikan, yang dapat membantu Anda mengedit video dengan mudah di ponsel Anda. Software ini akan memberikan tampilan profesional ke video Anda dan juga mendukung pengeditan video 4K —tidak banyak perangkat lunak pengeditan melakukannya. Jika Anda kebetulan memiliki iPad atau Mac, Anda bisa menyimpan video di iPhone Anda dan kemudian mengeditnya di ponsel Anda.

Kesimpulannya, sebagai smartphone, ukuran dan kemampuan iPhone memang tidak sehebat kamera pro. Namun, jika Anda mengikuti beberapa tips dasar, Anda mungkin bisa mendapatkan video yang terlihat sangat profesional.

Berikut beberapa video tutorial dari Apple untuk membantu Anda merekam video berkualitas tinggi.