Tips & Guide

8 Cara Efektif Cegah Sindrom ‘Text Neck’ Akibat Smartphone

[Foto: Flickr.com/Md saad andalib]
[Foto: Flickr.com/Md saad andalib]
Ketika teknologi sudah menjadi bagian penting dari hidup setiap orang, akan ada efek positif dan efek negatif yang dirasakan. Di satu sisi, dengan adanya smartphone misalnya, kita sangat terbantu dengan kemudahan mengirim pesan teks kepada teman atau klien, melakukan riset kecil-kecilan di Internet, mengecek media sosial, atau sekedar membaca berita. Namun di sisi lain, satu hal yang luput dari perhatian pemilik smartphone adalah, perangkat genggam serbaguna mereka bisa membahayakan tulang belakang mereka.

Menurut hasil studi yang dilakukan Dr. Kenneth K. Hansraj dari New York Spine Surgery & Rehabilitation Medicine, menunduk sambil melihat layar smartphone sama saja dengan menimpakan beban 27 kilogram ke leher Anda. Bayangkan efeknya jika hal tersebut Anda lakukan selama beberapa jam sehari. Tentu selain sakit leher, kerusakan pada struktur tulang, postur Anda pun bisa berubah.

Penelitian Hansraj meliputi ilustrasi mengenai apa yang terjadi ketika pengguna ponsel pintar menunduk dengan sudut 15, 30, 45 dan 90 derajat untuk melihat layar smartphone mereka. Dia menyarankan pengguna harus menyadari pose tubuh mereka.

“Kami menyarankan semua orang untuk tetap menikmati (penggunaan) perangkat pintar mereka, namun harus lebih memperhatian posisi kepala mereka,” kata Hansraj kepada Huffington Post. “Usahakan kepala Anda dalam keadaan lurus ketika menggunakan ponsel pintar.”

Nah, untuk meminimalisir efek negatifnya, ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan tiap hari.

Pegang smartphone di depan wajah Anda. Dengan begini, Anda menghindari posisi menunduk ketika melihat layar ponsel, dan mengurangi tekanan pada leher serta tulang belakang Anda. Alih-alih di depan dada, cobalah untuk memposisikan ponsel pintar Anda di level pandangan mata.

Istirahatlah secara berkala. Inilah hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mencegah sakit punggung dan leher. Beristirahatlah dari ponsel pintar Anda, lakukan peregangan atau berjalan-jalan sebentar di sekitar kantor atau rumah. Dengan demikian, Anda bisa mengalihkan perhatian sebentar dari layar ponsel dan mendapat udara segar.

Sadari postur Anda. Ketika menggunakan ponsel pintar untuk waktu yang cukup lama, betulkan postur tubuh Anda secara berkala agar untuk mengurangi tekanan pada tulang belakang dan leher. Cobalah untuk menjaga postur tubuh tegak dan natural, sehingga Anda bisa mencegah cedera leher atau perubahan bentuk tulang belakang akibat terlalu banyak menatap layar smartphone.

Hindari dehidrasi. Generasi milenial yang sibuk seringkali lupa menjaga tubuh terhidrasi dengan minum air putih. Padahal, air putih sangat penting untuk tubuh. Minumlah air sesuai kebutuhan tubuh, yakni minimal dua liter sehari. Dengan tetap menjaga tubuh terhidrasi, Anda bisa mengurangi beban tubuh, mulai dari leher hingga kaki.

Kendalikan keinginan memainkan smartphone. Salah satu cara terbaik untuk mencegah sakit punggung dan leher akibat pemakaian ponsel pintar adalah dengan menahan diri untuk tidak memegang ponsel selama beberapa waktu. Tetapkan waktu-waktu di mana Anda “dilarang” menyentuh ponsel, seperti saat makan dengan keluarga, hang out dengan teman, bermain dengan anak, dan sebagainya. Hal ini juga akan mencegah Anda kehilangan momen-momen berharga dalam hidup.

Dapatkan pasokan magnesium. Zat gizi ini akan membuat otot Anda rileks dan mengurangi ketegangan pada leher akibat pemakaian smartphone. Anda bisa mendapat magnesium dari beberapa jenis sayuran dan buah seperti alpukat, labu, tomat, sayuran hijau, kacang-kacangan, serealia dan gandum utuh, atau menonsumsi suplemen.

Jaga kesehatan dan kepadatan tulang. Anda bisa mencegah cedera dan sakit leher dan tulang belakang karena terlalu lama menggunakan smartphone dengan menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Pertimbangkan untuk mengonsumsi lebih banyak kalsium dan vitamin D yang akan mencegah penipisan tulah seiring pertambahan usia. Jangan lupa melakukan olahraga yang memperkuat tulang, seperti yoga, pilates, angkat beban skala ringan, dan berjalan kaki.

Dapatkan bantuan ahli chiropractic jika perlu. Jika pekerjaan mengharuskan Anda selalu menunduk menggunakan smartphone, atau jika sakit leher dan tulang belakang Anda terlanjur parah, pertimbangkan untuk mendapatkan bantuan profesional dari ahli chiropractic.

Anda memiliki 33 buah tulang belakang, dan menjaganya tetap sehat akan membuat Anda bisa menjalani hidup dengan aktif, efisien, menyenangkan dan bebas rasa sakit.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID