Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Adakah Cara Memilih Perusahaan Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia?

Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Asuransi kesehatan memang sangat dibutuhkan di zaman sekarang ini, dengan manfaat yang didapatkan dari perusahaan asuransi Anda sudah dapat memproteksi diri Anda. Ketika mengalami kondisi kesehatan yang menurun, atau dalam mengatur keuangan Anda. 
 
Meskipun asuransi kesehatan memiliki manfaat dan fungsi dalam melindungi Anda ketika mengalami kondisi kesehatan yang buruk, tapi sebaiknya Anda jangan terjebak dan tergiur dari beberapa perusahaan asuransi bodong.
 
Sebab saat ini banyak sekali perusahaan asuransi kesehatan yang beredar di Indonesia, baik dalam bentuk offline maupun online. Sebelum membeli ada baiknya Anda lakukan perbandingan asuransi kesehatan di Indonesia dahulu, dengan memilih yang terbaik. 
 

Ketahui Definisi Perusahaan Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Berbicara mengenai asuransi bodong, lalu apa itu perusahaan asuransi kesehatan bodong? Perusahaan asuransi kesehatan jenis ini, tidak memiliki izin mendirikan perusahaan dan tidak terdaftar dalam Badan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
 
Untuk itu, Anda jangan terkecoh akan hal tersebut, ada baiknya Anda teliti dahulu sebelum membeli. Agar Anda tidak salah membeli, coba Anda intip cara memilih perusahaan asuransi kesehatan terbaik di Indonesia yang layak Anda pilih:
 

1. Pelayanan

Perusahaan Asuransi bisa dibilang perusahaan yang menjual jasa, sebab itulah perusahaan asuransi selalu mengutamakan pelayanan terbaiknya. Untuk mengetahui apakah perusahaan asuransi tersebut memiliki pelayanan terbaik, dapat dilihat ketika Anda bertanya mengenai produk-produk asuransi yang mereka miliki. 
 
Cara lain untuk mengetahui hal tersebut adalah ketika Anda melakukan kunjungan ke kantor perusahaan asuransi, bagaimana cara mereka memperlakukan Anda. Mengapa pelayanan menjadi hal penting? Ini berkaitan dengan ketika Anda melakukan klaim pada saat nantinya Anda terjadi penurunan kesehatan yang membutuhkan biaya pengobatan.
 
 

2. Laporan Keuangan


Cara memilih asuransi kesehatan terbaik di Indonesia yang layak Anda pilih selanjutnya adalah melihat laporan keuangan pada perusahaan asuransi tersebut.
Laporan keuangan bisa Anda dapatkan di website resmi setiap perusahaan asuransi. Terdapat 3 poin penting dalam laporan keuangan yang Anda patut ketahui:
  • Kesehatan keuangan
Pilih perusahaan yang profitable, jangan memilih perusahaan asuransi yang tidak sehat alias “sakit”. Biasanya perusahaan yang sudah berusia lebih dari 10 tahun, sudah mencapai profit.
 
Sedangkan untuk beberapa perusahaan baru dengan investor yang lebih besar, biasanya masih jor-joran dalam menggelontorkan dana. Sehingga dalam hal ini, belum bisa dilihat profitnya di awal. 
 
  • RBC (Risk Based Capital)
RBC bisa dikatakan sebagai alat ukur pada kemampuan persahaan dalam memenuhi kewajibannya yaitu assets vs liabilities. Dalam hal ini sebaiknya perusahaan wajib memiliki solvabilitas minimum sebesar 125%, tetapi bukan berarti RBC yang terlalu besar itu baik. Solvabilitas ini adalah kemampuan perusahan untuk membayar hutang-hutangnya karena jumlah aktivanya melebihi hutang-hutang tersebut. 
 
  • Retensi Perusahaan
Lihat juga retensi dari perusahaan asuransi tersebut, Kalau kondisi perusahaan sudah melakukan reasuransi seperti itu, posisi perusahaan asuransi tersebut tidak akan kuat lagi, yang ada mereka hanya akan menunggu pembayaran klaim yang Anda ajukan dari reasuradur telebih dahulu baru membayarkan klaim Anda. 
 

3. Memiliki Tenaga Ahli

Pastikan pula Anda memilih perusahaan asuransi yang memiliki kemampuan manajemen risiko yang baik dan pastikan pula memiliki tenaga ahli yang dipersyaratkan seperti ahli asuransi Indonesia (AAIK/AAJI) atau ACII, ANZIIF, atau yang setara. 
 

4. Ketahui Usia Perusahaan

Jangan asal memilih perusahaan asuransi, karena ini dapat mempengaruhi perlindungan diri Anda dan keluarga. Sebelum memilih perusahaan asuransi kesehatan tersebut, ketahui profil dari perusahaan asuransi yang akan Anda pilih.
 
Dengan mengetahui profil perusahaan tersebut, maka Anda dapat mengetahui usia dari perusahaan asuransi yang nantinya Anda pilih. Apabila perusahaan asuransi tersebut memiliki usai yang sudah cukup lama, sudah tentu perusahaan tersebut sudah berpengalaman di bidangnya.
 
Cek juga apakah perusahaan tersebut apakah memiliki track record buruk atau tidak? Karena biasanya apabila perusahaan tersebut memiliki track record baik, perusahaan tersebut memiliki sejumlah penghargaan, yang diperoleh dari berbagai rekanan bisnisnya.
 
Dari daftar cara memilih perusahaan asuransi terbaik di Indonesia di atas yang layak Anda pilih, bisa menambah wawasan Anda dalam memilih perusahaan asuransi tersebut. Jangan salah memilih perusahaan asuransi apabila Anda tidak ingin buntung ketika berasuransi.
 
Perbandingan Asuransi Kesehatan di Indonesia semakin banyak dan semakin berkembang, membuat Anda terkadang sulit untuk menentukan pilihan. Jangan tergiur dengan banyaknya iming-iming promo dari perusahaan asuransi, apalagi perusahaan asuransi tersebut masing asing di telinga Anda.