News

Adobe Lightroom Untuk Android Kini Sudah Mendukung Format RAW

[Foto: petapixel.com]
Menyusul Adobe Lightoom untuk iOS, kini versi Android dari aplikasi ini diperbaharui dengan dukungan format RAW. Dalam versi yang terbaru ini, Adobe Lightroom mendukung foto dengan format RAW—seperti .orf, .raw, .rw2, .cr2, dan .nef— yang ditangkap oleh kamera Anda. Tentunya, kehadiran fitur baru ini menjadikan Adobe Lightroom sebagai salah satu aplikasi mobile untuk fotografi yang patut diperhitungkan.

Sebelum melanjutkan, ada baiknya Anda memahami dulu apa yang dimaksud dengan format RAW dan mengapa format ini begitu istimewa. Format RAW sendiri mengacu pada gambar “mentahan” yang artinya sama sekali belum diproses—sama halnya seperti negatif foto. Hal ini tentunya berbeda dengan format standar gambar, JPEG, yang sudah melalui proses penyesuaian kontras, saturasi, ketajaman, kompresi, dan lain-lain. Itu artinya, memotret dan mengedit dengan format RAW dapat memberikan kita keleluasaan lebih untuk mengotak-ngatik foto tersebut.

Kembali lagi ke topik awal, Adobe menyebutkan bahwa dukungan terhadap RAW ini memungkinkan penggunanya untuk memotret, mengedit, dan berbagi file RAW dengan resolusi penuh. Pengguna juga akan mendapatkan seluruh keuntungan yang bisa didapat dari file RAW mulai dari kemampuan untuk mengubah tingkat white balance hingga mengedit file yang belum dikompresi. Intinya, semua teknplogi yang bisa ditemukan pada program Lightroom untuk PC dapat ditemukan di sini. Selain juga, Anda akan mendapat kemudahan dalam hal konektivitas antar perangkat yang Anda milki. Setelah pengguna mengimport data RAW ke dalam aplikasi Lightroom untuk Android, maka data tersebut akan tersinkronisasi dengan akun Lightroom lainnya, seperti pada web atau desktop.

Untuk memindahkan data RAW milik Anda pada aplikasi Lightroom, Adobe merekomendasikan kepada penggunanya untuk menggunakan kabel on-the-go (OTG). Setelah kamera atau ponsel Anda terhubung, Anda bisa langsung mentransfer data dalam mode Picture-Transfer-Protocol (PTP).

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID