Home  »  News   »  
News

Adobe Luncurkan Produk Pengelola Iklan Digital di Semua Media

[Foto: Shutterstock]
Dalam beberapa tahun terakhir ini, Adobe telah mencari cara untuk memperbaiki pengukuran dan manajemen dari iklan yang muncul di Internet. Pada gelaran Adobe Summit di Las Vegas, Selasa, 21 Maret 2017 ini, perusahaan tersebut telah meluncurkan platform Advertising Cloud untuk membantu pemilik merek dan pengiklan mengoptimasi budget iklan mereka di berbagai kanal iklan.

Peluncuran Adobe Cloud merupakan hasil dari pekerjaan yang dilakukan Adobe melalui segmen Marketing Cloud mereka. Hal itu dimulai saat Adobe mengakuisisi Omniture pada 2009 lalu, yang memungkinkan perusahaan menambahkan beberapa analisa, optimasi media, dan fitur manajemen konten di produk Adobe Suite mereka.

Peluncurkan ini dilakukan hanya beberapa bulan setelah Adobe mengakuisisi perusahaan iklan video TubeMogul. Dengan akuisisi tersebut, Adobe mampu menambahkan kemampuan mengelola iklan video dan TV linear di produk mereka.


Advertising Cloud dinilai bakal memberi nilai tambah bagi pengiklan dan pemilik merek, dengan adanya dasbor dimana mereka bisa mengelola dan mengoptimasi pengeluaran iklan yang terkait dengan kanal-kanal pencarian, display, sosial, dan video.

Di dunia iklan yang makin terfragmentasi, Adobe berpikir untuk menyediakan akses untuk mengetahui kinerja kampanye iklan di semua media periklanan. Hal ini belum pernah ada sebelumnya. Alih-alih mengandalkan banyak jenis iklan untuk kanal-kanal pemasaran yang berbeda, kini pengiklan bisa mendapatkan bantuan lintas-kanal pada waktu bersamaan.

Menurut keterangan Brett Wilson, mantan CEO TubeMogul yang kini menjabat sebagai VP dan manajer umum di Adobe Advertising Cloud, fitur tersebut akan memungkinkan pengguna untuk memasang iklan video dan TV linear di Google, Facebook, Twitter, Snap sekaligus dalam waktu bersamaan.

Karena platform tersebut akan membantu pengiklan mengelola pengeluaran di kanal-kanal berbeda, Adobe mengklaim platform tersebut juga akan mampu mengoptimasi iklan-iklan. Dengan menghubungkan platform Adobe Advertising Cloud dengan Creative Cloud, Adobe yakin pengguna dapat membuat iklan pribadi melalui platform optimasi yang kreatif dan dinamis.

Adobe saat ini telah mengelola lebih dari $3,5 milyar pengeluaran iklan dalam setahun, dengan berbagai merek seperti Allstate, Ford, Liberty Mutual, MGM dan Southwest Airlines menggunakan platform mereka. Namun perusahaan disinyalir masih punya banyak peluang, khususnya dengan adanya tambahan fitur iklan TV.