Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Airplane Mode di Windows 10 Tidak Bisa Dimatikan? Ini Solusinya

[Gambar: techyuga.com]
Pernah menggunakan Airplane mode pada PC Windows 10 Anda? Seperti yang telah Anda ketahui, fitur ini bisa diaktifkan atau dinonaktifkan dengan mengklik ikon Action Center yang ada pada system tray kemudian mengklik opsi Airplane. Fitur Airplane mode pada Windows pertama kali diluncurkan bersamaan dengan Windows 8. Dengan fitur ini, sistem akan menonaktifkan koneksi Wi-Fi dan juga Bluetooth. Meskipun fitur ini memang merupakan salah satu fitur yang sangat berguna di Windows 10, namun seringkali pengguna kesulitan menonaktifkan Airplane mode ini. Idealnya, pada saat pengguna mengklik ikon Airplane pada Action Center, fitur tersebut akan dinonaktifkan. Namun, yang terjadi tidak selalu demikian.

Masalah lain yang biasanya muncul pada fitur ini adalah ikon Airplane mode muncul terus di system tray pada taskbar meskipun fitur Airplane mode sudah dinonaktifkan. Jika Anda tidak bisa mematikan atau menonaktifkan airplane / flight mode pada Windows 10, inilah cara untuk mematikan dan terhubung ke koneksi Wi-Fi Anda.


Metode 1

Mematikan airplane mode melalui Settings

Langkah 1: Jalankan aplikasi Settings dengan memencet ikon Settings di panel kiri pada Start menu. Aplikasi Settings juga bisa dijalankan dengan menekan hotkey logo Windows + I

Langkah 2: Saat aplikasi Settings dijalankan, pilih Network & Internet.

Langkah 3: Klik Airplane mode. Matikan pilihan yang ada di bagian Turn this on to stop all wireless communication untuk mematikan Airplane mode. Jika Airplance mode sudah dimatikan, pastikan fitur Wi-Fi dan Bluetooth yang ada di bagian Wireless devices telah diaktifkan.

Metode 2

Menyalakan Wi-Fi melalui Settings

Jika Anda tidak bisa mematikan Airplane mode melalui Action Center atau Settings, dan ingin langsung terhubung ke koneksi Wi-Fi, Anda bisa melakukan metode yang berikut ini.

Langkah 1: Jika Airplane mode tidak bisa dinonaktifkan, buka Settings dengan mengklik ikon Settings yang ada di bagian kiri Start menu.

Langkah 2: Setelah aplikasi Settings dijalankan, klik dan pilih Network and Internet.

Langkah 3: Klik Wi-Fiaktifkan Wi-Fi dan Anda pun bisa melihat koneksi Wi-Fi yang tersedia.

Langkah 4: Klik koneksi Wi-Fi yang Anda inginkan, kemudian klik tombol Connect. Jika Anda telah mengatur agar Windows 10  secara otomatis terhubung ke koneksi Wi-Fi, maka PC Anda secara otomatis akan terhubung ke koneksi  Wi-Fi tersebut.