Home  »  News   »  
News

Akan Ada Ponsel Android One Baru di Indonesia, Besutan Xiaomi!

Xiaomi Mi 5X [Foto: Xiaomi]
Tiga tahun sudah kisah Xiaomi dan konsumen di Indonesia terajut. Semenjak turut bermain di pasar smartphone Tanah Air Agustus 2014 silam, sedikit banyak pasti ada vendor yang ketar-ketir. Pasalnya, Xiaomi berani menawarkan perangkat yang spesifikasinya setara dengan produk-produk bikinan produsen yang telah mapan, seperti Asus, Lenovo, Oppo, hingga Samsung, tetapi banderolnya lebih miring.

Contohnya, Redmi 1S yang menandai invasi mereka ke Indonesia, cuma dijual Rp1,5 juta. Padahal, produk lain yang spesifikasinya selevel, seperti Sony Xperia M2 hingga Samsung Galaxy Grand 2 ditawarkan di atas Rp3 jutaan. Begitu pun dengan hadirnya smartphone pertama mereka yang diproduksi di Indonesia alias lolos Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), yakni Redmi 4A, pada Februari 2017 lalu. Dengan harga yang sama dengan Redmi 1S, gawai itu minimal bisa jadi perusak pangsa pasar Samsung dengan seri J-nya yang menyasar konsumen pemula.

Titel Xiaomi sebagai vendor smartphone murah-meriah tapi spesifikasinya mumpuni ini pun tak lama lagi akan makin kuat. Pasalnya, beredar kabar bahwa pabrik yang berkantor pusat di Beijing, China, itu bakal menggarap proyek Android One yang digagas Google. Yang amat menarik, nantinya gawai tersebut diproyeksikan dijual di Indonesia secara resmi.


Kolaborasi Xiaomi-Google ini pertama kali diendus oleh Krispitech (19/08/17). Calon ponsel Xiaomi dengan sistem operasi Android murni alias tanpa MIUI ini diyakini adalah Mi 5X. Dengan ukuran layar 5,5 inci Full-HD, Android Nougat, prosesor Qualcomm Snapdragon 625 Octa-Core, RAM 4GB, opsi ROM hingga 64GB, plus dual-camera di bagian belakang, Mi 5X jelas amat sayang untuk Anda dilewatkan, andaikata jadi dihadirkan di sini sebagai produk Android One.

Satu risiko yang perlu diketahui adalah jika Google memutuskan untuk memakai Xiaomi Mi 5X sebagai produk Android One, maka proyek tersebut telah melenceng dari tujuan awalnya, yakni menjaring pasar entry-level lewat produk murah tetapi kualitasnya dijaga sendiri oleh Google. Akan tetapi jangan khawatir, semahal-mahalnya gawai Xiaomi tampaknya tak akan membuat Anda miskin. Mi 5X kalau dijual di Indonesia nanti paling-paling dibanderol tak sampai Rp3 juta.

Detail lain terkait kehadiran Mi 5X sebagai Android One, seperti spesifikasi pasti dan kapan dirilisnya, memang masih belum jelas. Pastinya, perlu waktu bagi Google dan Xiaomi untuk menjawab rumor ini. Namun jika Anda antusias dengan hadirnya proyek ini, sepertinya tak ada salahnya untuk meredam hasrat beli ponsel baru demi membawa pulang Mi 5X nantinya.

Sekadar gambaran, sebelumnya Google telah bermitra dengan tiga vendor lokal di tahun 2015 untuk memproduksi Android One: Evercoss, Mito, dan Nexian. Karya ketiganya amat terjangkau kala itu, yakni Rp1 jutaan. Setelah itu, giliran Infinix yang kebagian proyek Android One generasi kedua dengan mempersembahkan Hot 2, yang banderolnya juga masih Rp1 jutaan. Namun Android One generasi ketiga dan keempat tak ada satu pun yang mampir ke Indonesia. Google memilih untuk fokus ke kawasan lain, seperti Eropa dan Jepang, dengan produk yang spesifikasinya sedikit ditingkatkan.