Home  »  News   »  
News

Akhiri Tahun 2016, WhatsApp Hentikan Layanan pada Sistem Operasi Lawas

[Foto: flickr.com]
[Foto: flickr.com]
Bagi Anda pengguna smartphone dengan sistem operasi lawas, tampaknya harus mengucapkan selamat tinggal kepada WhatsApp. Sebab, WhatsApp mengumumkan tidak akan lagi mendukung serangkaian platform sistem operasi versi lama mereka pada akhir tahun ini.

Salah satu sistem operasi tersebut adalah iOS 6 yang masih digunakan di beberapa seri iPhone lawas, seperti iPhone 3GS. Artinya, tepat pada awal 2017 mendatang, iPhone 3GS tidak akan bisa dipakai untuk WhatsApp-an lagi. Begitu juga dengan iPhone 4, apabila masih menggunakan sistem operasi iOS 6.

Namun, iPhone 4 sebenarnya masih bisa memanfaatkan aplikasi pesan instan ini. Setidaknya, pengguna bisa memperbarui sistem operasinya, maksimal hingga iOS 7.1.2, dan tetap bisa berkirim pesan menggunakan WhatsApp.

Sebenarnya, WhatsApp sendiri sudah mengumumkan penghentian dukungan tersebut sejak Februari 2016 lalu. Seperti dirangkum dari blog resminya, keputusan ini tidak hanya untuk iOS 6 saja. Ada beberapa sistem operasi lain yang akan dihentikan dukungannya.

Sistem operasi lain yang dipastikan tidak bisa memakai WhatsApp pada akhir 2016 ini adalah Windows Phone 7, Android 2.1 dan Android 2.2. Platform smartphone versi lama ini disebut tidak lagi dapat mengikuti perkembangan fitur terbaru yang dirilis aplikasi ini.

“Perangkat genggam yang memakai sistem operasi tersebut sudah jadi bagian penting dari kami. Namun, mereka sudah tidak mampu lagi memberi kapasitas yang dibutuhkan untuk pengembangan fitur kami,” demikian alasan yang ditulis WhatsApp.


Selain itu, ada juga beberapa sistem operasi lain yang rencananya akan dihentikan dukungannya. Untungnya, pihak WhatsApp memutuskan untuk memperpanjang waktu dukungan untuk Blackberry OS, Blackberry 10, Nokia S40 dan Nokia Symbian. Sisa waktu bagi pengguna sistem operasi ini diperpanjang hingga 30 Juni 2017.

Meski menyatakan penghentian layanan pada beberapa sistem operasi tersebut, WhatsApp juga menyatakan fakta yang terjadi pada tujuh tahun lalu, saat aplikasi ini pertama kali hadir. Perusahaan mengakui, pada kondisi tujuh tahun lalu, platform sistem operasi terbesar yang digunakan masyarakat dunia memang BlackBerry dan Nokia.

Namun kondisi tersebut telah berubah dan mayoritas pengguna sistem operasi kini lebih didominasi iOS, Android, dan Windows Phone. WhatsApp menyatakan 99,5 persen pengguna layanannya menggunakan ketiga sistem operasi tersebut.

“Ketika dimulai pada tahun 2009, pengguna perangkat mobile jelas berbeda jika dibandingkan dengan sekarang. App Store (toko aplikasi iOS), kala itu, usianya masih beberapa bulan. Saat itu 70 persen smartphone yang terjual masih didominasi oleh BlackBerry dan Nokia,” kata pihak WhatsApp.

Pengumuman tersebut disampaikan WhatsApp bersamaan dengan perayaan ulang tahun ke-7, sejak meluncurkan platform pesan instan ini kepada masyarakat pada tahun 2009 lalu. Aplikasi yang kini telah digunakan oleh lebih dari satu miliar pengguna ini, pertama kali menyapa masyarakat via Apple App Store.

Keputusan WhatsApp hadir di toko aplikasi Apple tersebut dinilai dailymail berani. Sebab kala itu, ranah sistem operasi perangkat mobile didominasi oleh BlackBerry dan Nokia. Namun hal ini berubah, sebab saat ini ranah tersebut didominasi oleh Google, Apple dan Microsoft.

WhatsApp menyatakan telah mengkaji perjalanannya selama tujuh tahun terakhir dan ingin terfokus pada upayanya di ranah platform mobile. Sehingga dapat menuyuguhkan pengalaman penggunaan terbaik bagi pengguna platform yang banyak digunakan konsumen.

Dalam pengumumannya, WhatsApp juga menyarankan pengguna yang akan terkena dampak ini, ada baiknya meningkatkan sistem operasi ponsel yang dimilikinya sebelum akhir 2016. Nah, jika Anda bergantung pada WhatsApp sekaligus termasuk pengguna iOS 6 dan berbagai sistem operasi lain yang disebutkan di atas, lebih baik segera bersiap mengganti ponsel.