News

Akhirnya Android Punya Akun Instagram Resmi

[Foto: Flickr.com]
[Foto: Flickr.com]
Sistem operasi berlogo robot hijau, Android, sepertinya tidak mau kalah dalam meramaikan jagat sosial media Instagram. Senin, 14 November 2016, Android resmi membuat akun Instagram @android. Padahal jika ditilik, Instagram sebenarnya sudah tersedia di platform Android sejak 2012 lalu, namun baru sekarang Android hadir di Instagram.

Pada 3 April 2012 silam, aplikasi editing dan berbagai foto Instagram akhirnya resmi tersedia untuk perangkat Android. Ini merupakan hal yang paling dinantikan oleh pengguna Android, mengingat sebelumnya Instagram hanya bisa dinikmati oleh pengguna perangkat iOS. Instagram untuk Android dipamerkan oleh pendirinya, Kevin Systrom dan Mike Krieger, di konferensi South by Southwest (SXSW) 2012 di Texas, Amerika Serikat.

Tahun 2011, Instagram sukses menjaring penggunanya di perangkat Apple, sehingga dinobatkan sebagai “App of the Year”. Dalam hitungan satu setengah tahun sejak diluncurkan di tahun 2010, Instagram telah melampaui basis pengguna dari 27 juta pengguna.

Namun, Kevin Systrom, mengatakan siap untuk menaikkan level aplikasi foto sosial berikutnya. Dalam sebuah wawancara dengan Sarah Lacy di acara Ignition West, Systrom mengungkapkan bahwa jumlah 27 juta pengguna tidak cukup untuk Instagram.

“Ini jauh dari skala yang Anda perlukan untuk membuat sebuah bisnis massal yang besar,” katanya, seperti dikutip dari digitaltrends. Dari sinilah ide awal hingga akhirnya Instagram masuk dalam ranah Android.

Lantas, seperti apa unggahan pertama Android di Instagram? Adalah foto bertuliskan “Hello World” dengan format enam gambar bersambung atau biasa disebut Instagram Grid. Terdapat latar belakang warna cerah berdominasi ungu yang membuat akun terlihat enak dipandang. Apalagi disertai aneka gambar ceria seperti ponsel, tablet, jam tangan, logo Android, dan bola dunia. Tak lupa Android juga menyematkan ilustrasi makanan pencuci mulut dan penganan manis seperti donat, permen lolipop, serta marshmallow, yang menggambarkan perkembangan sistem operasi Android.

Sedangkan dalam kolom deskripsi, Android menjabarkan bahwa akun Instagramnya akan berisi hal-hal manis dan petualangan sebagai sistem operasi mobile. Jika sebelumnya tanda pagar #AndroidAdventures telah eksis di Twitter, kini tanda pagar itupun turut meramaikan akun Instagram resmi Android. Selain itu, ada pula keterangan lokasi Mountain View, California, serta situs resmi www.android.com.

Bagaimana dengan pengikutnya? Sejauh ini, akun Instagram Android sudah diikuti 6.880 followers. Sedangkan untuk following, Android sendiri baru mengikuti 9 akun Instagram, diantaranya adalah Zagat (@zagat), Google Maps (@googlemaps), YouTube (@youtube), Google Arts Culture (@googleartsculture), Google Play Music (@googleplaymusic), Google Science Fair (@googlesciencefair), Nest (@nest), Made with Code (@madewithcode), dan Google (@google).

Dengan adanya akun terbaru ini, tampaknya warga dunia maya sudah tak sabar menanti unggahan-unggahan Android selanjutnya. Ini terlihat dari banyaknya jumlah ‘like’ serta komen bernada semangat dan positif dari para pengikutnya.  Ada yang menyapa dan mengucapkan selamat datang di dunia Instagram. Ada pula yang meluapkan rasa bangganya menggunakan ponsel berbasis sistem operasi Android.

Sebelum adanya akun Instagram @android, foto-foto yang berkaitan dengan Android diunggah melalui akun Instagram Google (@google). Bisa dikatakan, Android merupakan salah satu layanan Google yang paling lambat terjun ke Instagram.

Sebab, layanan-layanan lain seperti Google Maps (@googlemaps), YouTube (@youtube), Google Arts Culture (@googleartsculture), Google Play Music (@googleplaymusic), Google Science Fair (@googlesciencefair), dan Nest (@nest), sudah lebih dulu berkeliaran di Instagram.

Nah, supaya Anda tidak penasaran dan bisa mengetahui informasi visual terbaru mengenai Android sehari-hari, Anda bisa mengikuti akun Instagram di tautan @android.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID