News

Akhirnya, Google Resmi Luncurkan Smartphone Penerus Nexus, Google Pixel

[Gambar: blog.google.com]
Flagship terbaru Google yang merupakan penerus Nexus, Google Pixel dan Pixel XL, akhirnya resmi diluncurkan. Kedua smartphone ini merupakan smartphone pertama yang hardware dan software-nya dirancang sendiri oleh Google. Dengan kata lain, Pixel dan Pixel XL merupakan smartphone yang Google banget. Lalu, apa saja yang ditawarkan Google pada kedua smartphone-nya ini?

Google Pixel yang memiliki layar 5 inci dibanderol harga $649 (setara Rp 8,4 juta), sementara itu Pixel XL dengan layar 5,5 inci diberi harga $769 (setara Rp 9,9 juta). Pixel dilengkapi dengan layar beresolusi 1080p dan  Pixel XL memiliki layar 1440 x 2160p. Keduanya dimotori oleh prosesor Snapdragon 821, sensor sidik jari di bagian belakang, RAM sebesar 4GB, memiliki opsi kapasitas penyimpanan 32 atau 128GB, dan memiliki daya tahan baterai yang kuat. Anda juga dapat memilih satu dari tiga vairian warna: Really Blue, Very Silver, dan Quite Black.

Salah satu kekuatan Google Pixel terletak pada performa kameranya—kamera utama beresolusi 12,3MP dan kamera depan 8MP—yang optimal dan ciamik. Sebelumnya, perangkat Nexus tidak pernah mencolok pada aspek fotografi. Namun, menurut laporan DxOMark, sejauh ini Google Pixel memiliki kamera smartphone yang terbaik yang pernah ada. Selain itu juga, jika khusus bagi pengguna Google Pixel, Anda akan diberikan kapasitas penyimpanan yang tak terbatas di Google Photos dengan resolusi penuh. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kehabisan memori penyimpanan.

Selain kameranya, Google Pixel juga memiliki kelebihan lain yakni software-nya. Ponsel ini sudah berjalan dengan sistem operasi Android 7.0 Nougat dan dilengkapi dengan Google Assistant. Google Assistant sendiri merupakan sebuah asisten virtual serupa Siri, yang memanfaatkan teknologi artificial intelligence dan voice recognition.

Pixel sudah dapat di pre-order mulai dari harga $649 (setara Rp 8,4 juta) di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Jerman, dan Australia. Proses pre-order di India baru dimulai pada tanggal 13 Oktober. Belum ada informasi kapan perangkat ini akan diluncurkan secara resmi di Indonesia.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID