News

[Update] Akun Kompas TV di YouTube Ditutup Karena Tuntutan Hak Cipta

Akun KompasTV Inspirasi, selama ini dikenal pengguna YouTube sebagai akun resmi dari Kompas TV. Dengan asumsi pemilik akun ini adalah Kompas TV sendiri, maka tentunya semua video-video dari Kompas TV yang diunggah oleh akun ini adalah video dengan hak cipta milik mereka sendiri.

Tetapi hari ini (29 Maret 2016), hingga pukul 14.30 akun ini masih berstatus terminated (ditutup). Seperti keterangan di screenshot di atas, penyebabnya adalah karena banyaknya klaim pelanggaran hak cipta yang diunggah oleh akun ini.

Labana.ID mencoba menghubungi tim Public Relation dari Kompas TV untuk memverifikasi kebenaran akun ini, tetapi belum mendapatkan jawaban. Tim Communication YouTube Indonesia yang kami hubungi juga menolak berkomentar.

[UPDATE]

Labana.ID akhirnya mendapatkan konfirmasi dari Google Indonesia dan Kompas TV.

Cantika Wangiandara (Image Dynamics) menyatakan informasi yang mereka terima dari Kompas TV, mereka memang memindahkan kanal YouTube-nya ke kanal resmi Kompas TV. Tetapi konfirmasi ini tanpa disertai nama kanal resmi Kompas TV yang dimaksud. Image Dynamics sendiri merupakan PR Agency yang resmi ditunjuk mewakili Google Indonesia.

Sementara pihak Public Relation Kompas TV yang kami hubungi hanya memberi komentar bahwa akun Kompas TV tersebut ditutup karena satu dan lain hal. Untuk saat ini pengunjung bisa mengakses kanal Kompas TV berikut ini:

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID