Home  »  News   »  
News

Alphabet Nest Rekrut Kembali Ahli Robotika Yoky Matsuoka Setelah Hengkang dari Apple

[Foto: linkedin.com]
Yoky Matsuoka, seorang ahli di bidang robotika dan artificial intelligence yang meninggalkan Alphabet Nest pada tahun 2015 akhirnya kembali bekerja lagi bagi Nest setelah sempat bekerja untuk Apple selama 9 bulan.

Sepak terjang Matsuoka sendiri di Google berawal dari tahun 2009 di mana ia menjabat sebagai Head of Innovation. Ia juga sempat menjadi Co-Founder dari Google X lab. Namun, pada tahun  2010 akhirnya ia pun beralih ke Alphabet Nest dan menduduki posisi Vice President of Technology (VPT). Kemudian pada tahun 2016, ia pun memutuskan untuk bergabung dengan Apple. Ia didapuk Apple untuk menangani divisi teknologi kesehatan Apple, termasuk di antaranya HealthKit, CareKit, dan ResearchKit.


Sejauh ini, masih belum jelas apa alasan di balik kepergian Matsuoka dari Apple. Yang jelas, langkah ini bukanlah kabar baik bagi Apple yang tengah memfokuskan usahanya pada bidang machine learning. Apalagi sebelumnya perekrutan Matsuoka ini dilihat sebagai sebuah investasi strategis untuk meningkatkan teknologi machine learning yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Sebaliknya, kembalinya Matsuoka merupakan sebuah kabar baik bagi Nest, yang sebelumnya ‘ditinggalkan’ oleh CEO nya Tony Fadell. Kepergian CEO Nest tersebut kabarnya dipicu karena banyaknya karyawan Nest yang secara publik mengeluhkan kepemimpinan Fadell, dan bahkan meninggalkan perusahaan tersebut karenanya.

Seperti yang dilaporkan oleh Bloomberg, sebagai seorang Chief Technology Officer (CTO), Matsuoka akan bekerja dengan tim engineering dan produk pada Nest untuk menentukan rencana jangka panjang Nest. Ia juga bertanggung jawab untuk mencari jalan agar Nest dapat berkolaborasi dengan perusahaan pihak ketiga dan produk Alphabet lainnya. Kini di bawah kepemimpinan Marwan Fawaz—mantan CTO Charter Communication—dan dengan kehadiran Matsuoka, diharapkan Nest bisa kembali lagi ke masa kejayaannya.