News

Amazon Suntikkan Dana Tambahan Sebesar $3 Miliar di India

[Foto: seattletimes.com]
Pada hari Selasa kemarin (07/06/16), Jeff Bezos,  CEO dari Amazon inc. mengumumkan bahwa perusahaannya akan menyuntikkan tambahan dana untuk unit operasinya di India sebesar $3 miliar (setara Rp 39,7 triliun). Itu berarti, total keseluruhan dana yang diinvestasikan Amazon kepada negara tersebut sejak tahun 2014 sudah mencapai angka $5 miliar (setara Rp 66,1 triliun).

“Kami sudah menciptakan 45.000 pekerjaan di India dan akan terus memantau potensi besar yang ada dalam perekonomian India,“ ungkap Bezos pada sebuah konferensi yang diadakan di Washington yang juga dihadiri oleh perdana menteri India, Narendra Modi. “Tim Amazon India telah melangkah sangat jauh, bahkan melampaui rencana yang paling ambisius sekali pun.”

Pada tahun ini, Amazon sendiri dikabarkan akan membuka Web Cloud Region di India dan menjadikan negara tersebut  tuan rumah dari pusat pengembangan dan perusahaan software terbesar di luar Amerika yang berlokasi di Hyderabad. Di sana juga akan diciptakan banyak lapangan pekerjaan seiring dengan perkembangan layanan Cloud Amazon.

Berdasarkan laporan dari Bloomberg, pendapatan terbesar Amazon diperoleh dari Inggris, Jerman, dan Jepang.  Amazon memang tidak secara langsung mendapatkan penghasilan dari India, tapi Amazon memasukkan India ke dalam kelompok pasar internasional. Total penghasilan dari kelompok tersebut dikabarkan mencapai $7,4 miliar (setara Rp 97,9 triliun) pada tahun 2015 atau 6,9% dari total penghasilan Amazon. Dalam konferensi tersebut, Benzos juga mengatakan bahwa Amazon akan segera membuka lebih banyak pusat distribusi di India.

Bezos juga menyoroti pencapaian-pencapaian Amazon di India dalam surat tahunan kepada para pemegang saham. Salah satu pencapaiannya meliputi peluncuran Seller Flex, yang menggunakan warehouse Amazon Seller untuk memasarkan produk-produk lain yang dijual di Amazon. Peluncuran Seller Flex juga membantu Amazon dalam memperluas kemampuan pengirimannya. Selain itu, Bezos pun menerangkan bahwa Divisi Amazon Cloud akan membuat infrastruktur baru di India.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID