Home  »  News   »  
News

AMD Pastikan Bakal Rilis Prosesor Tergarang untuk PC, Mampukah Goyang Intel?

AMD Ryzen [Foto: TechRadar]
Ryzen Shine! Plesetan dari “rise and shine” tersebut mengemuka dari salah satu situs teknologi terkenal, TechRadar untuk salah satu karya terbaru AMD. Hal ini semacam menegaskan bahwa produk terbaru berupa prosesor tersebut punya kesan ekstra cepat, powerful, pokoknya performanya paling dahsyat, sekaligus membuat Intel jadi harus pasang kuda-kuda untuk mengeluarkan jurus jitu selanjutnya.

AMD sendiri telah mengkonfirmasi bahwa mereka segera mengeluarkan sebuah prosesor yang diberi julukan ‘Threadripper’, dengan 16-Core (32 Thread). Jim Anderson, selaku General Manager, Computing and Design AMD, sendiri yang mengatakan bahwa Ryzen Threadripper akan ditargetkan pada user yang menggunakan PC desktop kelas premium. Yang artinya, prosesor ini bakal cocok jika dipergunakan oleh user seperti gamers kelas kakap atau designer film dan animasi yang membutuhkan prosesor cepat untuk render dan pengolahan citra maupun pemrograman tingkat lanjut. Intinya, prosesor ini siap memberikan performa yang mencengangkan.

Teaser resmi AMD Ryzen Threadripper [Foto: TechRadar]
Sayangnya, belum ada penjelasan yang lebih. Masyarakat sejauh ini baru diajak untuk mengandaikan performa Ryzen 9 1998X yang garang dengan kecepatan 3.5GHz dengan TDP (Thermal Design Point) hingga 155W. Walau begitu, perkembangan informasi terkait prosesor tersebut yang ada sekarang sudah jauh lebih lengkap dan resmi jika ditarik mundur beberapa bulan kebelakang. Sejatinya, sudah ada selentingan bahwa AMD akan merilis produk terbaru berupa prosesor, tetapi detailnya baru muncul beberapa waktu belakangan. Saat itu, hanya terungkap menjelaskan berapa jumlah core yang disediakan.


Lantas dengan kelahiran monster satu ini yang tak lama lagi, bagaimanakah kondisi persaingan antara AMD dengan rivalnya, Intel? Mengingat selama ini di jagat gaming Intel kerap selangkah di depan AMD, rasanya bukan tidak mungkin kalau mereka bisa membuat produk tandingan. Ambil saja contoh bagaimana Ryzen masih keteteran saat berhadapan head to head dengan Intel, seperti saat Ryzen 1700 ataupun 1800 masih tak bisa menandingi Intel’s Kaby Lake 7700k, sesuai dengan kutipan dari tulisan Arstechnica. Bahkan percobaan menggunakan game Doom dilakukan dan 7700k maksimal bisa men-generate  frame-per-detik hingga angka 174 sementara Ryzen hanya berkutat maksimal di 123 saja.

Akan tetapi untuk saat ini, rivalitas antara AMD dan Intel sampai dengan hawa kemunculan Ryzen 9 menguat belakangan belum seru. Sebab, belum ada respons resmi dari Intel untuk Ryzen. Satu yang hampir bisa diyakini bersama, kemunculan processor AMD terbaru akan membuat persaingan AMD dan Intel semakin sengit.

Di seberang jalan sana, Intel sendiri dikabarkan juga tidak tinggal diam begitu saja. Rumor mengemuka bahwa mereka telah menyiapkan Intel i9 dengan flagship 7920X, yang akan menggunakan 12-Core (24-Threads) dengan TDP sebesar 140W. Jumlah inti prosesor dan TDP dari bakal calon prosesor terbaru Intel ini memang tidak sebesar AMD, tapi tidak diterangkan juga apakah prosesor Intel tersebut punya angka spesifik saat performa diuji di bawah palu overclock.

Baik AMD yang “membocorkan” secara resmi prosesor monster terbarunya tersebut atau Intel yang baru akan menggembar-gemborkan prosessor paling anyarnya, masing-masing dari mereka belum bicara banderol. Namun dengan jumlah core dan garansi performa yang ciamik, layak meyakini kedua prosesor tersebut (utamanya Ryzen) akan tak cuma berfungsi sebagai inti proses dari PC, tapi juga berfungsi sebagai penjebol kantong calon konsumennya.

Sekedar informasi saja, sejatinya brand Ryzen sendiri baru lahir tidak lama di awal tahun 2017, lebih tepatnya pada bulan Februari. Namun seperti sosok bayi ajaib, prosesor yang memiliki pendahulu AMD FX dan memiliki nama core Summit Ridge ini sudah diperhitungkan sebagai produk unggulan. Secara mekanisme, keberadaan Ryzen merupakan produk yang mengimplementasikan Zen microarchitecture milik AMD.