News

AMI DuOS – Solusi Menjalankan Android dari Tablet Windows

Semua jenis tablet, baik Android, Windows, iPad, dll tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kekurangan tablet berbasis Windows adalah sedikitnya aplikasi yang tersedua. Game populer seperti Clash of Clan tidak tersedia di sini.

Peluang inilah yang dilihat oleh AMI (American Megatrends Incorporated). Perusahaan pembuat software maupun hardware sejak 1985 ini meluncurkan AMI DuOS untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan AMI DuOS, tablet yang berbasis Windows pun bisa menjalankan OS Android di atasnya.

AMI DuOS ini betul-betul seperti native OS di tablet Android. Kita dapat login menggunakan akun Google kita dan memasang aplikasi-aplikasi favorit kita. Perlu diingat, AMI DuOS tidaklah gratis, tetapi harganya relatif murah, $10 saja.

 

Sejatinya AMI DuOS tidaklah dikembangkan untuk dijual langsung ke konsumen. AMI sebenarnya ingin menjual AMI DuOS kepada para manufacturer pengembang hardware tablet. Tetapi kesepakatan AMI dengan manufacturer tersebut tidak berjalan mulus. Akhirnya AMI memutuskan menjual AMI DuOS langsung kepada konsumen.

Salah satu kekurangan AMI DuOS adalah tidak tersedianya Play Store secara default. Sebagai gantinya Amazon Appstore lah yang tersedia secara default. Ini terkait masalah lisensi. Tetapi untuk mendapatkan Play Store pun tidaklah sulit. AMI menyediakan link ke aplikasi Play Store beserta cara instalasinya.

Sebelum melakukan instalasi AMI DuOS, perhatikan beberapa prasyarat yang harus dipenuhi:

  • Windows 7/8/8.1
  • Intel x86 CPU
  • Hardware Virtualization Technology¬†supported and enabled in BIOS
  • OpenGL 3.0 and above
  • Minimum 2GB of RAM, though 3GB recommended for optimal¬†performance
  • Minimum 2GB of hard disk free space

Walaupun AMI DuOS saat ini masih berbasis Android 4.2.2, versi 5.0 akan segera diluncurkan.

Sumber: DigitalTrends

 

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID