News

Android 7.0 Nougat Dikabarkan Akan Rilis Pada Agustus Ini

[Foto: androidpit.com]
Google dirumorkan akan merilis Android 7.0 Nougat pada hari Jum’at besok. Rumor ini berasal dari sumber terpercaya, Evan Blass (alias @evleaks) melalui kicauan Twitternya pada hari Sabtu, tanggal 30 Juli lalu.

“Android 7.0 akan dirilis bulan depan, [dilanjutkan] dengan Patch keamanan pada tanggal 5 Agustus,” ~ Evan Blass (alias @evleaks)

Jika bocoran dari Blass benar (dan informasinya seringkali terbukti benar), itu artinya perilisan sistem operasi Android Nougat ini terbilang lebih cepat dari sistem operasi Android terdahulu yang biasanya baru dirilis antara bulan Oktober dan November.

Namun, meskipun Android Nougat dirilis pada bulan Agustus, ini bukan berarti para pengguna Android bisa langsung menikmatinya. Hal ini disebabkan karena sistem operasi tersebut harus melewati proses upgrade yang terbilang panjang. Jadi, setelah Google meluncurkan sistem operasi Android versi terbaru, para produsen ponsel dan operator nirkabel harus mengujinya pada setiap perangkat sebelum mereka dapat merencanakan dan melaksanakan peluncuran sistem operasi tersebut. Itu artinya, pengguna Android seringkali harus menunggu berbulan-bulan sebelum mereka bisa menggunakan sistem operasi yang terbaru.

Biasanya, Google akan menerapkan Android ‘rasa baru’ ini pada perangkat Nexus-nya sendiri sebelum diterapkan pada ponsel lain. Bahkan, beberapa perangkat Android kerap kali tidak bisa meng-upgrade sistem operasinya ke versi yang terbaru. Hal ini juga ternyata bakal dihadapi dengan pengguna Nexus 5. Dalam tweet-nya, Blass juga mengatakan:

“Maaf, pengguna Nexus 5. Kamu enggak akan dapat Nougat.” ~ Evan Blass (alias @evleaks)

Ponsel Nexus yang saat ini dijual oleh Google adalah 5X dan 6P. Nexus 6 masih tersedia, meskipun tidak dijual melalui Google. Sementara itu, dalam Android N Previews Developer tidak ada keterangan bahwa versi ini mendukung Nexus 5.

Jika Anda sudah tidak sabar ingin menggunakan sistem operasi Android Nougat, Anda dapat membeli ponsel LG V20 yang akan diluncurkan pada bulan September mendatang dan kabarnya akan dilengkapi sistem operasi Android Nougat ini.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID