News

Android Instant Apps – Jalankan Aplikasi Tanpa Perlu Install

[Foto: Pexels.com]
[Foto: Pexels.com]
Menginstall aplikasi terkadang terasa mengesalkan. Bisa saja memori di perangkat Anda tidak cukup, atau koneksi internet Anda sedang bermasalah dan sangat lamban. Padahal, Anda hanya perlu menggunakan fitur dalam aplikasi itu pada waktu-waktu tertentu saja. Worry not! Google kini memiliki solusi brilian untuk masalah ini: Instant Apps.

Instant Apps memungkinkan Anda untuk menggunakan beberapa fitur pada aplikasi tanpa menginstal aplikasi tersebut secara utuh. Misalnya, jika Anda mengklik link yang membutuhkan sebuah aplikasi, ponsel Anda otomatis hanya akan mengunduh kode yang diperlukan untuk menjalankan fitur atau fungsi tertentu yang Anda butuhkan. Yang menariknya, Android Instant Apps ini kompatibel dengan semua perangkat yang masih menggunakan sistem operasi Jellybean dan tentunya versi-versi di atasnya.

[Gif: android-developers.blogspot.com]
[Gif: android-developers.blogspot.com]
Sederhananya, Anda cukup mengklik sebuah link yang diberikan lalu ‘versi kecil’ aplikasi ini bisa langsung Anda nikmati. Lalu, jka Anda ingin mengunduh aplikasinya yang full version, Instant App ini akan memberikan Anda opsi untuk mengunduhnya dengan sekali tap. The Verge melaporkan, proses loading instant app ini sama cepat dan bahkan lebih cepat dari proses loading pada situs yang menawarkan gungsi yang serupa. Hal ini bisa dilakukan karena developer telah memodularisasi aplikasi mereka sehingga mereka hanya memproses fungsi tertenti yang Anda butuhkan pada aplikasi itu.

[Gif: android-developers.blogspot.com]
[Gif: android-developers.blogspot.com]
Tentu saja, untuk menerapkan fitur baru ini, aplikasi yang sudah ada harus dipoles lagi oleh para pengembang agar bagian-bagian dalam aplikasi mereka bisa berdiri sendiri. Karena fitur ini merupakan sebuah perubahan yang besar, maka butuh waktu untuk memaksimalkan fitur ini. Google melaporkan bahwa mereka telah bekerja sama dengan beberapa developer untuk mengembangkan fitur ini, di antaranya adalah BuzzFeed, B&H Photo, Medium, Hotel Tonight, Zumper dan Disney. Fitur ini dikabarkan akan diluncurkan secara umum bagi pengguna pada akhir tahun ini.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID