News

Android Nougat Sudah Resmi Diluncurkan Untuk Perangkat Nexus

[Gambar: android.googleblog.com]
Sebelumnya, kami sudah membahas bocoran mengenai waktu perilisan Android 7.0 Nougat, yaitu pada bulan Agustus. Benar saja, pada hari Senin (22 Agustus 2016) kemarin, Google secara resmi merilis versi Android teranyar ini kepada para pengguna perangkat Nexus.

Pada perilisan Android Nougat kali ini, Google tidak meluncurkannya bersamaan dengan sebuah perangkat Nexus baru—seperti yang biasanya dilakukan oleh Google. Kini, pembaharuan Android Nougat sudah dapat dicicipi oleh siapun yang menggunakan ponsel Nexus 6P, Nexus 5X, dan Nexus 6; serta tablet Nexus 9 dan Pixel C.

Jika Anda sudah pernah menggunakan versi open beta dari Android Nougat ini, Anda tidak akan menemukan perbedaan yang mencolok dalam versi yang lebih stabil ini. Seperti yang diketahui, Google sebenarnya sudah merilis versi Android Nougat yang sudah sangat stabil pada konferensi I/O bulan Mei lalu. Versi tersebut bisa dibilang merupakan sebuah pondasi yang kuat bagi versi akhir Android Nougat yang baru saja diluncurkan ini.

Lalu, apa saja sebenarnya fitur-fitur baru yang bisa ditemukan di android rasa baru ini? Setidaknya ada tiga fitur utama yang mencolok dan akan mengubah user experience ketika menggunakan Android Nougat. Ketiga fitur ini adalah adanya mode notifikasi baru, layar multi-tasking, dan fitur seamless update.

Pada mode notifikasi yang baru, notifikasi yang muncul pada kolom notifikasi akan dikelompokkan berdasarkan aplikasinya. Jadi, Anda tidak perlu kewalahan dengan notifikasi yang menumpuk dan berantakan. Anda juga bisa langsung membalas pesan melalui kolom notifikasi tersebut. Praktis, bukan?

[Gambar: android.googleblog.com]
Sementara itu, jendela multi-tasking memungkinkan Anda untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus dan menampilkannya dalam waktu yang bersamaan. Ya, kini Anda tidak perlu lagi menghentikan video YouTube yang tengah ditonton ketika akan membalas pesan atau chatting di aplikasi lain.

Yang terakhir adalah adanya seamless update. Dengan fitur ini, pengguna perangkat Android baru dapat menginstall pembaruan software ini di balik layar—artinya Anda tidak perlu lagi menunggu sampai instalasi selesai untuk menggunakan perangkat Anda. Proses instalasi pembaharuan software juga akan lebih cepat dari sebelumnya.

[Gambar: android.googleblog.com]
Selain ketiga fitur ini, ada satu lagi tambahan menarik pada Android Nougat ini: 72 emoji baru! Kini, chatting akan semakin seru saja dengan tambahan emoji-emoji ini. Sebenarnya, masih banyak fitur baru lain yang ada pada Android Nougat. Namun, bisa dibilang ketiga fitur ini (beserta tambahan emoji baru) merupakan fitur-fitur yang paling ditunggu-tunggu oleh para pengguna.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID