News

Anti Bosan Nunggu Pesawat dengan WiFi Super Cepat di Bandara Soetta

Foto [kompas.com]
Foto [kompas.com]
Menunggu keberangkatan pesawat terkadang menjadi hal yang membosankan. Kalau sudah begitu, gadget lah yang menjadi andalan untuk mengusir rasa kebosanan. Apalagi jika didukung dengan koneksi WiFi yang super ngebut. Layanan WiFi menjadi salah satu kebutuhan paling utama bagi penumpang pesawat ketika mereka berada di bandara. Nah, untuk mengoptimalkan pelayanan internet di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta membuat 17 wifi corner.

Sebelumnya, di Terminal 3 sudah difasilitasi internet dengan kecepatan 50 Mbps. Dengan adanya kecepatan koneksi WiFi tersebut, maka Terminal 3 termasuk salah satu terminal penumpang pesawat dengan koneksi WiFi tercepat di dunia. Untuk dapat mengakses layanan WiFi berkecepatan tinggi ini, penumpang pesawat di Terminal 3 dapat memasukkan nomor telepon genggam di setiap sesi koneksi guna terhubung secara gratis selama 15 menit.

Sementara itu, bagi yang membutuhkan koneksi lebih lama dapat memilih koneksi berbayar dengan tarif Rp 5.000 untuk 1 jam, lalu Rp 20.000 untuk 6 jam, dan Rp 50.000 untuk 24 jam.

Dan kini, di Terminal 1 dan 2 akan ditambah sembilan titik wifi.id dengan koneksi internet cepat hingga 100 Mbps. Tak hanya sampai situ, area kargo dan perkantoran juga dapat menikmati enam titik fasilitas internet wifi.id. Bahkan di gedung serba guna yang disediakan PT Angkasa Pura (AP) II bagi masyarakat sekitar, juga dapat menggunakan layanan internet tersebut.

Dengan adanya fasilitas internet tersebut, pengguna jasa bandara hingga masyarakat sekitar dapat merasakan pelayanan terbaik. Misalnya browsing cepat, menerima dan mengirim e-mail dengan melampirkan data berukuran besar seperti foto dan video, bermain game online dengan lancar, hingga streaming saluran TV High Definition (HD) serta mengakses hiburan film.

“Jadi penjemput, pengunjung bandara yang tidak masuk ke dalam terminal dan butuh internet, bisa pakai fasilitas Wi-fi corner ini,” ujar Direktur Utama PT. Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin seperti dikutip dari detik, Kamis, 24 November 2016.

PT Angkasa Pura II bersinergi dengan Telkom dalam menghadirkan koneksi Wifi berkecepatan tinggi ini. Banyak pengguna jasa bandara yang membutuhkan koneksi internet untuk menghubungi sanak saudara ketika sampai di bandara. Dengan gadget yang terkoneksi Wifi berkecepatan 100 Mbps, maka dapat menambah rasa nyaman ketika berkunjung ke bandara, termasuk untuk mengisi waktu tunggu.

Untuk dapat mengakses layanan WiFi berkecepatan tinggi ini, setelah mendapat access point @wifi.id, pengguna jasa bandara di Terminal 1, 2 maupun 3 dapat melakukan registrasi menggunakan telepon genggam atau gadget masing-masing. Caranya melalui sms ke 98108 dengan cara ketik net (spasi) 5000 atau membeli voucher dengan harga Rp 5.000. Setelah itu, maka pengguna jasa bandara dapat menikmati layanan internet cepat selama 6 jam tanpa batasan kuota.

Ke depannya, kawasan Bandara Soetta akan meningkatkan kualitas internetnya dan dibuat terintegrasi secara menyeluruh dan juga digitalisasi di setiap bisnis proses utamanya. “Kita akan sebut kawasan Bandara Soekarno-Hatta nantinya menjadi Soekarno-Hatta Digital Aeroplex”, ujar Awaluddin.

Dalam waktu dekat, PT. Angkasa Pura II juga akan meluncurkan aplikasi yang diberi nama Indonesia Airports. Dalam aplikasi tersebut, terdapat banyak fitur yang memudahkan para pengguna jasa bandara. Misalnya untuk mengambil antrean taksi, memberikan notifikasi status penerbangan, mencari posisi pesawat, mencari shuttle bus, cek keberadaan mobil penjemput, dan fitur lain yang masih dalam tahap pengembangan. Nantinya, aplikasi tersebut bakal jadi tren baru bagi para pengguna jasa dalam menikmati pelayanan bandara.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID