Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Apa yang Harus Dilakukan Jika Akun Apple ID Diblokir oleh Apple

[Gambar: idownloadblog.com]
Jika ada seseorang yang berusaha meretas akun Apple Anda, berulang kali memasukkan kata sandi yang salah, atau memberikan jawaban yang salah pada pertanyaan keamanan Anda, Apple secara otomatis akan menganggapnya sebagai ancaman kemudian mengunci Apple ID Anda. Apabila benar ada orang luar yang melakukannya, maka langkah ini dapat mencegah orang yang tak bertanggung jawab untuk mengakses Apple ID Anda secara diam-diam. Meskipun begitu, pada kenyataannya hal ini tidak selalu dipicu oleh orang yang ingin meretas akun Anda. Bisa saja akun Apple Anda terkunci karena memang Anda lupa dengan kata sandi yang Anda buat.

Cara mengetahui bahwa akun Apple ID telah diretas

Kalau kejadian ini terjadi bukan karena Anda salah memasukkan atau lupa kata sandi, Anda mungkin akan menerima peringatan dari Apple yang berbunyi ‘This Apple ID has been disabled for security reasons‘, ‘You can’t sign in because your account was disabled for security reasons‘, atau ‘This Apple ID has been locked for security reasons’. Anda juga bisasanya mendapatkan surel dari Apple yang menjelaskan cara untuk me-reset kata sandi Apple ID Anda, terutama jika peretas mencoba untuk mengganti kata sandi Anda.

Baca Juga:  Media Sosial: Strategi Layanan Customer Service di Era Digital

Jika Anda sudah menggunakan two-factor authentication, biasanya Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa ada orang lain yang log in ke akun Anda. Kemudian ia pun akan memberitahukan lokasi di mana aktivitas tersebut berlangsung. Perlu dicatat, kadang lokasinya tidak sama persis dengan lokasi tempat Anda log ini. Jadi jangan dulu terlalu cemas. Tapi, jika ternyata Anda sama sekali tidak log in tapi muncul peringatan seperti ini, Anda boleh waspada.

Cara mengaktifkan kembali akun Apple ID Anda

Apapun alasan Apple untuk menonaktifkan akun Apple ID, Anda masih bisa mengaktifkannya kembali. Anda cukup mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengembalikan akun Anda dan membuat kata sandi baru.

  • Buka situs iforgot.apple.com
  • Masukkan Apple ID Anda. Biasanya yang dimasukkan adalah alamat surel yang terhubung dengan akun Apple Anda
  • Ketikkan kode yang terpampang untuk membuktikan bahwa Anda bukan robot
  • Klik Continue
  • Halaman selanjutnya tergantung kepada jenis keamanan yang Anda gunakan pada Apple ID Anda.
    • Jika Anda menggunakan two-factor authentication, Anda akan menerima kode pada perangkat Anda atau pesan ke ponsel Anda. Anda harus mengisi kode verifikasi ini sebelum bisa mengaktifkan kembali akun Anda dan mengubah kata sandi.
    • Jika Anda menggunakan two-step verification maka Anda membutuhkan recovery key yang telah dikirimkan pada Anda ketika Anda memasang two-step verification. Jika Anda tidak memiliki recovery key yang terdiri dari 14 digit itu, langkah Anda bakal mentok di sini.
    • Jika Anda tidak menggunakan kedua metode keamanan ini, maka pilihannya hanya dua, yaitu: membuka akun dengan menggunakan kata sandi Anda, atau menjawab pertanyaan keamanan yang sebelumnya pernah diminta oleh Apple.
    • Jika usaha Anda untuk membuka akun Anda tidak berhasil, maka akun Anda akan tetap terkunci. Namun, jangan khawatir. Anda bisa mencoba lagi pada keesokan harinya.
Baca Juga:  Beberapa Hal Dasar dalam A/B Testing yang Harus Dipahami