Tips & Guide

Aplikasi Android Terampuh untuk Selamatkan Data Anda yang Terhapus

[Foto: spectechular.walkme.com]
[Foto: spectechular.walkme.com]
Apakah Anda pernah secara tidak sengaja menghapus dokumen penting di Android yang belum sempat Anda backup? Atau mungkin Anda tidak sengaja menghapus foto selfie Anda dengan artis idola? Jangan panik dulu. Gunakan saja aplikasi-aplikasi Android di bawah ini untuk mengembalikan data Anda yang hilang itu!

Dr. Fone

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengembalikan data-data pada Android Anda yang tidak sengaja terhapus atau hilang karena ada crash atau kesalahan pada sistem Android Anda. Selain itu, mereka juga mengklaim bahwa aplikasi ini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dibandingkan aplikasi atau program lain yang semacamnya. Mulai dari foto, video, SMS, nomor kontak, hingga contact log pun bisa diselamatkan oleh aplikasi ini.

Memang, aplikasi mobile Dr. Fone ini hanya bisa digunakan pada perangkat Android yang sudah diroot. Tapi jangan khawatir, jika perangkat Anda belum diroot, Anda bisa mencoba menginstall Dr. Fone for Android pada PC Anda. Lalu, saat Anda mau melakukan proses recovery, pastikan perangkat Android Anda terhubung dengan PC yang sudah memasang aplikasi ini.

Dumpster Image & Video Restore

Dumpster memiliki fungsi yang serupa dengan recycle bin pada PC atau Mac Anda. Jadi, jika Anda tidak sengaja menghapus data pada perangkat Anda, Anda bisa dengan mudah mengembalikannya. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menyelamatkan berbagai macam data seperti dokumen, foto, video, dan bahkan audio. Selain itu, Anda tidak perlu mengroot atau terhubung dengan internet ketika menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini juga memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin langsung menyimpan data-data yang berhasil diselamatkan ke cloud storage (Dropbox, Google Drive, Microsoft OneDriveAnda. Yang menariknya lagi, kita bisa melihat (preview) data-data tersebut langsung dari aplikasi ini. Praktis, bukan?

Sayangnya, Anda tidak bisa menyelamatkan data-data yang terhapus sebelum Anda menginstall aplikasi ini pada perangkat Anda. Jadi, aplikasi ini lebih cocok digunakan sebagai langkah pencegahan saja.

DiskDigger

Aplikasi ini bisa digunakan pada perangkat Android Froyo ke atas dan Anda juga tidak perlu melakukan root pada perangkat Android Anda untuk menggunakannya. Meskipun begitu, aplikasi ini bisa menyelamatkan lebih banyak foto dan data jika perangkat Anda sudah diroot sebelumnya.

DiskDigger bisa mengembalikan foto maupun video yang terhapus baik dari memori internal atau eksternal. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan opsi bagi Anda untuk mengunggah (upload) langsung data-data yang sudah terselamatkan ke Google Drive atau Dropbox Anda. Anda juga bisa langsung mengirimkannya melalui e-mail. Tentu saja, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menyimpan data tersebut ke dalam perangkat Anda.

Jika Anda ingin menyelamatkan data-data selain foto dan video, Anda harus menggunakan DiskDigger Pro yang dibanderol Rp 39.899 saja.

Catatan: Perlu diperhatikan, semakin cepat Anda menindaklanjutinya data yang hilang/terhapus, maka semakin besar juga kemungkinan data bisa diselamatkan dengan utuh. Berdasarkan pengalaman saya sendiri, jika kita terlalu lama dalam menindaklanjutinya, maka ada kemungkinan datanya sedikit corrupted dan tidak seratus persen mulus (terutama untuk foto dan video). Pokoknya, selamat mencoba aplikasi-aplikasi ini. Semoga saja data Anda bisa terselamatkan!

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID