Home  »  News   »  
News

Aplikasi Email Favorit iOS Bakal Tersedia untuk Pengguna Android

[Foto: Easilydo.com]
Aplikasi terbaru EasilyDo yang dinamai “Email” kini menjadi aplikasi penunjang produktivitas paling populer di iOS, karena tampilannya sangat mendekati aplikasi email bawaan Apple, namun memiliki lebih banyak fitur keren. Menurut beberapa ulasan, memakai aplikasi ini rasanya seperti memakai aplikasi Mail bawaan Apple namun dengan pembaruan mutakhir.

Kini aplikasi Email dari EasilyDo bakal segera bisa dinikmati oleh pengguna Android. Aplikasi ini akan hadir dengan fungsi yang sama, termasuk fitur one-click-unsubscribe jika pengguna ingin berhenti menerima newsletter, membatalkan pengiriman email, menelusuri pengiriman paket, pengelolaan keuangan dan pengeluaran otomatis, belanja, informasi perjalanan, dan masih banyak lagi.

Sebelum merilis Email, EasilyDo terkenal dengan asisten mobile-nya untuk iPhone, yang juga bisa melakukan hal-hal lain seperti melacak pengiriman dan mengorganisir rencana bepergian penggunanya. Namun perusahaan tersebut menyadari bahwa fitur-fitur tersebut akan lebih cocok dimasukkan dalam aplikasi smartphone dibandingkan sebagai aplikasi yang berdiri sendiri.

Tak seperti kebanyakan aplikasi email yang ada di pasaran, Email dari EasilyDo ini tak mencoba untuk membuat antarmuka yang baru dan mutakhir. Aplikasi ini mampu mencuri hati penggunanya karena tampilan dan “rasanya” yang mirim dengan aplikasi email bawaan iOS. Email-email yang masuk disajikan dengan tampilan yang sama: nama pengirim yang tertulis tebal, diikuti dengan subyek email, dan preview isi email. Titik-titik biru mengindikasikan email belum terbaca; label waktu ada di sebelah kanan, tombol plus ada di tempatnya yang biasa.


Untuk sesaat, Anda mungkin akan merasa sedang membuka aplikasi Mail bawaan Apple. Namun Email menawarkan banyak fitur yang lebih luas, seperti kemampuan untuk mengatur snooze jika ada email masuk, mendeteksi dan memblokir email tertentu, mengatur pengingat perjalanan real time, menelusuri pengiriman paker, dan mengelola folder di mana Anda bisa menemukan semua attachment email, tagihan dan receipt, dan membeli tiket.

Dengan update iOS terbaru, Email juga dilengkapi perlindungan Touch ID, widget 3D Touch action, fitur Wallet sekali klik untuk menyimpan dokumen seperti boarding pass atau reservasi hotel, dan notifikasi interaktif di mana anda bisa menandari email yang masuk, membacanya, membalas, atau membuangnya.

Namun untuk versi Android, aplikasi Email dari EasilyDo ini tampilannya tak akan sama dengan aplikasi Apple Mail, tapi akan lebih disesuaikan dengan email yang digunakan di Android, seperti Gmail atau Inbox, dengan ikon-ikon berwarna-warni, tipografi, dan menu hamburger di sebelah kiri. Hal ini diyakini bakal diterima oleh pengguna Android, karena mereka sudah terbiasa memakai aplikasi yang tampilannya mirip.

Selain itu, tim pengembang juga telah menambah keunikan tersendiri pada aplikasi versi Android ini. Email akan lebih cepat, tepat guna, dan bisa diandalkan. Memang aplikasi ini akan memiliki semua yang ada pada aplikasi versi iOS, namun pengembang telah menambahkan beberapa fitur lain khusus Android. Contohnya, Anda bisa menggeser untuk melihat email-email selanjutnya ketika menjelajah inbox, dan Anda bisa menerima notifikasi dan membalas dengan suara melalui Android Wear.

Jika Anda pengguna perangkat Android Nougat, Anda akan memiliki fitur yang didedikasikan untuk OS tersebut, seperti bantuan untuk pengelompokan email pada notifikasi, balas cepat pada notifikasi, dan akses cepat untuk mencari pesan dalam inbox atau membuat draft email baru.

Seperti versi iOS-nya, Email untuk Android ini bisa diunduh dengan gratis.

EasilyDo memang  bisa menggratiskan aplikasi-aplikasinya, karena memang model bisnis mereka tak seluruhnya fokus pada penjualan kepada end-user. Sekitar sepertiga pendapatan EasilyDo didapat dari lisensi teknologi artificial intelligent (AI) mereka dan lisensi algoritma yang dipakai oleh provider email lainnya. Aplikasi Mail dibuat untuk memamerkan teknologi perusahaan kepada bisnis-bisnis besar yang berpotensi menjalin kerjasama dengan mereka.