News

Aplikasi Google Arts & Culture Akan Sulap Ponsel Anda Menjadi Galeri Seni

[Gambar: Google.com]
[Gambar: Google.com]
Google memperkenalkan (kembali) sebuah aplikasi bagi Anda yang ingin menikmati karya seni para seniman ternama di dunia pada gadget Anda.

Aplikasi yang bernama Google Arts & Culture ini dilengkapi dengan sejumlah karya seni dari lebih dari seribu museum di sekitar 70 negara. Tentu saja, aplikasi ini tidak hanya menawarkan gambar statis dan tulisan. Dalam aplikasi ini, Anda dapat mencari karya seni berdasarkan kata kunci apapun, warna, nama seniman, dan juga periodisasi seni.

[Gambar: Google.c om]
[Gambar: Google Arts & Culture]
Ditambah lagi, teknologi ini memungkinkan Anda untuk melakukan sesuatu yang tidak mungkin dilakukan di dunia nyata. Misalnya, melihat serangkaian karya seorang seniman dalam sebuah timeline. Hal ini sulit dilakukan di kehidupan nyata karena seringkali karya seni seorang seniman tersebar di beberapa museum di seluruh dunia, sehingga sulit untuk membandingkan dan menyandingkan karya-karya seni tersebut.

Fitur lainnya yang menarik adalah 360° virtual tours yang memungkinkan Anda untuk menikmati suasana museum tertentu, seakan-akan Anda tengah berada di dalamnya. (Ya, Anda juga bisa menggunakan Google Cardboard untuk menikmati fitur ini.)

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur Art Recognizer untuk mengidentifikasi lukisan melalui kamera ponsel Anda. Kurang lebih prinsipnya sama seperti aplikasi Shazam, namun aplikasi yang satu ini digunakan untuk mengidentifikasi lukisan.

Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu mengarahkan ponsel Anda ke arah karya seni yang dimaksud, lalu Anda pun akan diberikan informasi mengenai lukisan dan pelukisnya. Untuk saat ini, fitur ini hanya didukung di beberapa museum (seperti Dulwich Picture Gallery di London, Art Gallery of New South Wales di Sydney, dan the National Gallery of Art di Washington, DC.) Namun, Google berjanji akan memperluas dukungan bagi fitur ini di museum-museum yang ada “di seluruh dunia.”

Sebelumnya, aplikasi Arts & Culture ini memang telah tersedia di iOS dan Android. Namun, kini aplikasi ini telah dilengkapi dengan sejumlah teknologi Google yang lebih maju untuk melakukan pencarian, mengapresiasi, dan melihat sebuah karya seni secara lebih mendalam.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID