News

Aplikasi Ini Akan Membayar Anda Untuk Tetap Fit

[Gambar: sweatco.in]
[Gambar: sweatco.in]
‘Sweatcoin’, sebuah aplikasi smartphone gratis yang baru saja diluncurkan di Inggris ini menawarkan imbalan berupa uang virtual yang disebut ‘sweatcoins’ bagi para penggunanya yang aktif dan mau berusaha untuk mendapatkannya.

Aplikasi yang baru tersedia untuk perangkat iPhone 5S ke atas ini akan memonitor gerakan dan lokasi Anda untuk memotivasi mereka untuk lebih aktif bergerak dengan memberikan hadiah, baik berupa uang maupun yang bukan. Untuk mendapatkan sekeping sweatcoin, anda harus mengumpulkan 1,000 langkah. Terdengar menantang, tapi bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Dalam beberapa minggu, jika pengguna tersebut konsisten dalam menggunakannya, mereka bisa mendapatkan koin yang cukup untuk menukarkannya dengan hadiah yang ditawarkan.

[Gambar: Screenshot tampilan aplikasi Sweatcoin | sweatco.in]
[Gambar: Screenshot tampilan aplikasi Sweatcoin | sweatco.in]
Untuk sementara ini, hadiah yang ditawarkan masih terbatas dalam bentuk produk, kelas, dan kupon. Beberapa hadiah yang ditawarkan di antaranya adalah sepatu lari dari Vivobarefoot, pakaian infrared dari Kymira, dan kelas fitness dari Wonderush atau BOOMCycle. Selain itu, Anda juga akan diberikan opsi untuk menyumbangkan hasil penukaran Sweatcoin Anda bagi orang-orang yang membutuhkan.

Apakah Sweatcoin tidak khawatir aplikasinya ‘dicurangi’ oleh penggunanya? Dalam hal ini, mereka sangat percaya pada kualitas dan keamanan softwarenya yang telah dikalibrasi sedemikian rupa untuk mencegah pengguna memalsukan data aktivitas. Caranya, aplikasi ini akan melakukan cross-check terhadap aktivitas dan lokasi untuk memverifikasi kebenaran data tersebut. Hal ini terbilang lebih aman jika dibandingkan dengan kebanyakan aplikasi saingan yang hanya mengandalkan informasi yang dilaporkan pengguna.

Jika Anda tidak tinggal di Inggris atau tidak memiliki perangkat iOS, jangan khawatir. Sweatcoin dikabarkan tengah mengembangkan versi Android yang diharapkan bisa rilis dalam beberapa bulan ke depan. Aplikasi ini juga berencana untuk memasuki pasar AS di tahun mendatang, meskipun belum ada konfirmasi apakah aplikasi ini akan diluncurkan ke publik internasional. Saya pribadi berharap agar aplikasi ini segera dirilis juga di Indonesia. Lumayan kan, Anda bisa lebih termotivasi lagi untuk lebih aktif ketimbang bermalas-malasan di rumah.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID