Home  »  News   »  
News

Aplikasi Netflix Tak Akan Bekerja di Perangkat Android yang “di-root”

[Foto: Shutterstock/Kaspars Grinvalds]
Apakah belakangan ini Anda memperhatikan bahwa Anda tiba-tiba tidak dapat secara resmi mengunduh aplikasi Netflix ke ponsel Android yang sudah di-root? Jangan heran, karena Netflix telah secara resmi mengonfirmasi bahwa aplikasinya tidak lagi tersedia di Google Play bagi perangkat apapun yang “tidak disertifikasi Google atau telah diubah.”

“Dengan rilis 5.0 terbaru kami, sekarang kami sepenuhnya mengandalkan DRM Widevine yang disediakan oleh Google; Oleh karena itu, banyak perangkat yang tidak bersertifikat Google atau telah diubah tidak akan lagi bekerja dengan aplikasi terbaru kami dan pengguna tersebut tidak akan lagi melihat aplikasi Netflix di Play Store,” demikian keterangan dari Netflix.

Seorang juru bicara Netflix mengatakan kepada Android Police bahwa kebijakan ini diambil terkait perubahan dalam aturan perlindungan terhadap pembajakan. Versi 5.0 dari aplikasi Netflix sekarang sepenuhnya menuruti aturan manajemen hak digital Widevine Google untuk mencegah pembajakan, sehingga harus menganggap perangkat yang dimodifikasi sebagai perangkat yang rentan pembajakan. Tindakan keras tersebut tidak sepenuhnya mengejutkan, tapi memang menimbulkan beberapa masalah.

Tentu Netflix memiliki alasan tersendiri untuk pergeseran strategi ini: karena sekarang pengguna bisa mengunduh film, mereka lebih khawatir mengenai pembajakan daripada sebelumnya. Secara teori, sedikit lebih mudah untuk menghapus perlindungan salinan dari salinan unduhan seri Netflix daripada menghentikan pengunduhan sama sekali. Dan ketika Anda me-root smartphone Android untuk mendapatkan kontrol lebih besar terhadap sistem operasi, Anda berpotensi memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menghindari DRM dari pada yang seharusnya.


Tindakan ini mungkin tidak akan membuat orang berhenti menggunakan Netflix, namun ini bisa melukai pengguna lain yang bermaksud baik. Sementara Netflix mengatakan aplikasinya tidak akan berfungsi lagi dengan perangkat Android yang dimodifikasi, Android Police telah memverifikasi bahwa aplikasi tersebut masih berjalan dengan baik jika Anda berhasil memasang aplikasi (seperti dengan memasukkan APK), setidaknya untuk saat ini.

Selain itu, daftar Google Play tampaknya terkait dengan apakah Anda tidak dapat menjalankan Android Pay, bukan Widevine. Hal tersebut bisa menimbulkan masalah jika Anda memiliki perangkat dengan bootloader yang tidak terkunci, Anda mungkin akan ditolak mengakses Netflix, meskipun Anda menggunakan firmware yang tidak termodifikasi dan aman.

Yang tidak jelas adalah mengapa hanya daftar Play Store yang diblokir, namun aplikasinya tetap berfungsi normal. Saya mencoba Netflix 4.16 dan 5.0.4 (versi terbaru, mulai hari ini), dan keduanya bekerja tanpa masalah pada Galaxy Tab S yang tidak terkunci dan berakar dan saya (yang diberi label sebagai Widevine Security Level 3). Mungkin di beberapa titik aplikasi akan berhenti bekerja, tapi sepertinya tidak demikian.

Namun hal ini kemungkinan tak akan terlalu mempengaruhi pengguna Netflix (Anda bahkan dapat menggunakan metode rooting yang tidak akan terdeteksi). Namun hal ini akan mempersulit  masuknya Netflix dan penyedia media lainnya ke dalam ponsel. Banyak orang yang me-root atau memodifikasi ponsel mereka. Beberapa dari mereka mungkin harus memutuskan antara menjaga akses root mereka dan menyaksikan serial TV kesayangan mereka.

Namun yang agak membingungkan adalah, mengapa hanya daftar aplikasi di Play Store yang diblokir, namun aplikasinya tetap berfungsi normal. Penulis di Android Police telah mencoba Netflix 4.16 dan 5.0., dan keduanya bekerja tanpa masalah pada Galaxy Tab S yang tidak terkunci dan telah di-root (yang diberi label Widevine Security Level 3). Mungkin di beberapa titik aplikasi Netflix akan berhenti bekerja, namun sejauh ini nampaknya masih berjalan lancar seperti biasa.