Review

Aplikasi Smartphone Yang Wajib Dimiliki Kutu Buku

[Foto: Pexels.com]
[Foto: Pexels.com]
Seiring dengan berkembangnya teknologi dan berubahnya zaman, kebiasaan membaca kita pun ikut berubah. Jika dulu kita harus jauh-jauh mengunjungi perpustakaan atau toko buku untuk mendapatkan buku idaman, kini dengan adanya ponsel pintar dan tablet kita bisa langsung membacanya hanya dengan sekali ketuk. (Meskipun menurut saya pribadi, tidak ada yang bisa menandingi nikmatya membaca buku fisik.) Untuk itu, dalam artikel ini saya telah merangkum beberapa aplikasi yang menurut saya wajib dimiliki oleh setiap pecinta buku.

[Gambar: Aplikasi Goodreads | iTunes]
[Gambar: Aplikasi Goodreads | iTunes]
  1. Goodreads (Gratis, Android dan iOS)

Aplikasi ini bertujuan untuk membantu pembaca untuk menemukan buku baru yang menarik dan sesuai dengan selera mereka. Selain itu, terdapat juga fitur rekomendasi dan review yang memungkinkan pengguna untuk merekomendasikan buku pada teman-temannya dan memberi komentar terhadap sebuah buku. Hal yang saya paling suka dari aplikasi ini adalah fitur pemindaian barcode pada buku. Setelah barcode dipindai, buku yang dimaksud akan secara otomatis terdeteksi dan Anda pun bisa memasukkan buku tersebut ke dalam rak buku “yang akan dibaca” dalam aplikasi tersebut. Singkat kata, Goodreads adalah rak buku virtual yang merangkap sebagai jejaring sosial untuk para kutu buku.

[Gambar: Aplikasi iBooks | iTunes]
[Gambar: Aplikasi iBooks | iTunes]
  1. iBooks (Gratis dengan in-app purchase, iOS)

Bagi pengguna iOS tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Dari segi fitur, iBooks memberikan semua hal yang Anda butuhkan dalam sebuah aplikasi e-book reader: fitur highlight teks, menambah catatan, pengaturan ukuran dan jenis tulisan, kamus offline, dan lain-lain. In-app bookstorenya (toko buku dalam aplikasi) juga memungkinkan Anda untuk membeli dan secara otomatis mengunduh buku lalu membacanya pada aplikasi tersebut. Jika Anda tidak ingin membeli buku, jangan khawatir! Mereka menyediakan banyak pasokan buku yang bisa secara gratis diunduh.

[Gambar: Aplikasi Aldiko | Google Play]
[Gambar: Aplikasi Aldiko | Google Play]
  1. Aldiko (Gratis, Android dan iOS)

Aldiko merupakan aplikasi pembaca e-book yang mendukung format EPUB, PDF, dan e-book yang dienkripsi Adobe DRM. Aplikasi ini memiliki tampilan yang rapi dan dapat dikustomisasi. Anda juga bisa mengatur ukuran teks, margin, layout halaman, tingkat kecerahan, jenis tulisan, warna, dan lain-lain. Sayangnya, jika Anda ingin fitur tambahan seperti menambahkan catatan atau memberi highlight pada teks, Anda harus membeli versi Premiumnya.

[Gambar: Aplikasi Google Play Books | Google Play]
[Gambar: Aplikasi Google Play Books | Google Play]
  1. Google Play Books (Gratis dengan in-app purchase, Android, iOS,)

Sebenarnya fitur yang ditawarkan Google Play Book tidak begitu berbeda dengan iBooks. Namun jika Anda pengguna android, aplikasi ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda. Aplikasi ini juga menawarkan lebih dari satu juta buku untuk Anda baca. Anda juga bisa membaca buku-buku tersebut secara offline dan membaca dalam mode malam. Aplikasi ini juga menawarkan ruang penyimpanan buku yang tidak terbatas pada cloud storage.

[Gambar: Aplikasi Audiobooks from Audible| iTunes]
[Gambar: Aplikasi Audiobooks from Audible | iTunes]
  1. Audiobooks from Audible (Gratis dengan in-app purchase, Android, iOS, dan Windows Phone)

Bagi para pecinta buku yang tidak memiliki banyak waktu untuk membaca, aplikasi ini menawarkan solusi yang tepat untuk Anda. Audiobooks memungkinkan Anda untuk menikmati buku pilihan Anda sambil mengemudi, saat sedang melakukan pekerjaan rumah tangga, atau ketika sedang di kantor. Selain itu, di beberapa buku, penulis aslinya lah yang akan ‘membacakan’ isi buku itu pada Anda. Tentunya hal ini bisa membuat pengalaman membaca Anda semakin berkesan. Audiobook dapat dibeli secara online melalui Audible/Amazon yang kemudian akan diunduh ke cloud storage aplikasi tersebut. Yang jadi kekurangannya, Anda harus membayar biaya keanggotaan Audible untuk bisa membeli buku yang tersedia. Tapi, Anda bisa mencoba 30 hari pertama secara gratis.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID