News

Aplikasi Video Calling dari Google, Duo, Kini Sudah Dapat Diunduh

[Gambar: techcrunch.com]
[Gambar: techcrunch.com]
Pada bulan Mei lalu, Google memperkenalkan dua aplikasi komunikasi terbarunya di konferensi developer I/O: Allo untuk komunikasi berbasis teks dan Duo untuk video call.

Di antara kedua aplikasi ini, Allo merupakan aplikasi yang paling menarik mengingat aplikasi tersebut akan secara dalam mengimplementasikan bot Google Assistant pada layanannya. Namun, untuk saat ini kita baru bisa mencoba aplikasi Duo. Google berharap aplikasi ini bisa bersaing dengan aplikasi komunikasi lainnya yang sudah ada di pasaran. Aplikasi ini kini sudah bisa dinikmati pada ponsel Android maupun iPhone.

“Duo pada awalnya dibuat karena kami dapat melihat peluang pada video calling,” kata VP produk komunikasi Google, Nick Fox. “Kami mendengar banyak keluhan [pengguna], yang menyebabkan kurangnya penggunaan video calling.”

Untuk menghindari keluhan tersebut, Google memastikan aplikasi ini benar-benar simple dan mudah digunakan oleh penggunanya. Anda hanya dapat menghubungi seseorang dalam satu waktu dan tidak terlalu banyak fitur tambahan pada aplikasi ini. Aplikasi ini juga telah dirancang sedemikian rupa agar bisa berjalan dengan lancar pada smartphone jenis apapun–mulai dari smartphone high-end bahkan sampai smartphone yang murah meriah.

Google juga merancang aplikasi ini agar bisa digunakan dengan lancar pada koneksi macam apapun. Jika koneksi internet Anda lancar, maka aplikasi ini akan menampilkan video berkualitas HD. Namun jika koneksinya sedang tidak begitu bagus, maka kualitas video akan secara otomatis dikurangi. Bahkan, dalam kondisi koneksi yang buruk, aplikasi ini bisa langsung secara otomatis beralih ke jaringan 2G. Mengenai hal ini, Fox mengatakan bahwa mereka akan memprioritaskan audio agar komunikasi tidak terhenti sepenuhnya ketika koneksinya memburuk.

Sementara itu, sampai saat ini masih belum ada kabar kapan aplikasi Allo akan mulai diluncurkan. Kita tunggu saja tanggal mainnya.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID