News

Aplikasi Virtual Keyboard SwiftKey Kini Dimotori Teknologi Neural Network

[Gambar: swiftkey.com]
Oktober tahun lalu, aplikasi virtual keyboard SwiftKey memperkenalkan versi alpha dari keyboard berbasis neural network yang pertama di dunia: SwiftKey Neural Alpha. Pada saat itu, teknologi artificial intelligence (AI) masih berada dalam tahap awal. Namun, makin ke sini kita bisa melihat bahwa banyak terdapat perkembangan yang signifikan terhadap teknologi ini, mulai dari neural network, deeper learning, dan voice recognition yang lebih akurat. Pesatnya pertumbuhan teknologi di bidang ini nampaknya turut berkontribusi juga terhadap perkembangan aplikasi SwiftKey. Menurut laporan, SwiftKey akhirnya meluncurkan juga virtual keyboard berbasis neural network nya ini kepada pengguna Android.

Dengan penggunaan jaringan saraf tiruan (artificial neural network) ini, virtual keyboard ini dapat memprediksikan teks dengan sangat baik ketika Anda sedang chatting. Intinya, keyboard ini menjadi semakin ‘manusia’ dan semakin cerdas—terutama dalam memahami konteks—sehingga ia dapat memberikan prediksi dan auto correction dengan yang jauh lebih baik. Hal ini mungkin dilakukan karena sekarang sistem keyboard pada SwiftKey dapat memahami persamaan kata, menganalisa konteks kalimat yang panjang, dan mengenal kata-kata yang rumit.

Contohnya, jika Anda mengetik kalimat “I will meet you at the ____,” maka Anda akan diberikan suggestion berupa kata-kata yang berkaitan, seperti “office,” “hotel,” dan “airport.” Sebelum adanya pembaharuan, kata-kata yang diprediksikan adalah “end,” “moment” dan “same.” Software update ini sendiri rencananya akan dirilis pada akhir bulan ini pada pengguna Android, lalu update untuk perangkat Apple akan menyusul. Dari pihak pengguna sendiri, mungkin akan sedikit sulit merasakan perbedaannya, mengingat satu-satunya indikasi yang bisa dirasakan adalah prediksi teks yang lebih baik. Keyboard ini juga berusaha untuk memahami bahasa dan gaya menulis Anda. Jadi, jika Anda menggunakan bahasa lain ketika mengetikkan pesan, maka fitur suggestion dan autocorrections nya juga akan semakin akurat.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID