News

Aplikasi WhatsApp Untuk iOS Kini Dapat Mengirim dan Mengedit GIF

[Foto: unilad.co.uk]
Kadang, kata-kata saja tidak cukup untuk mengungkapkan perasaan Anda. Karena itulah, menambahkan gambar GIF dalam percakapan sangatlah menyenangkan: GIF dapat membuat percakapan Anda semakin seru dan ekspresif. Nah, baru-baru ini WhatsApp merilis sebuah pembaharuan yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan mengedit GIF melalui platformnya. Sayangnya, untuk sementara ini fitur baru ini baru tersedia untuk perangkat iOS saja. Sejauh ini, belum ada informasi apakah fitur ini akan segera tersedia pada perangkat Android juga. Yang jelas, kita tahu bahwa fitur ini sudah diuji coba dalam WhatsApp versi beta untuk perangkat Android.

Selain bisa mengirimkan GIF yang sudah tersimpan pada perangkat Anda, Anda juga bisa mencari GIF pada koleksi Giphy. Yang membuat pembaharuan ini semakin spesial adalah fitur GIF editor yang memungkinkan Anda untuk menambahkan teks, stiker, dan bahkan menggambar pada GIF yang Anda pilih. Selain itu juga, Anda bisa memotong durasi GIF sesuai dengan keinginan Anda. Asyik, bukan?

[GIF: giphy.com]
[GIF: giphy.com]
Bahkan, dengan menggunakan aplikasi WhatsApp versi terbaru, Anda bisa mengubah video berdurasi 6 detik (atau kurang) menjadi sebuah GIF. Cara melakukannya sangatlah mudah. Anda cukup memilih klip video dari camera roll Anda lalu memilih ikon GIF untuk mengubahnya. Para pengguna iPhone 6s ke atas dapat memilih sebuah Live Photos dan mengirimkannya sebagai sebuah GIF.

Sebelumnya, Facebook telah merilis dukungan terhadap format GIF pada bulan Mei 2015. Twitter juga telah mengikuti jejak Facebook pada Februari 2016. Meskipun bisa dibilang WhatsApp telat dalam memberikan fitur ini, namun lebih baik telat daripada tidak sam sekali, bukan? Lagipula, untuk membayar keterlambatannya, WhatsApp telah memberikan fitur GIF editor bagi penggunanya. Well done, WhatsApp, well done.

[GIF: giphy.com]
[GIF: giphy.com]

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID