News

Aplikasi YouTube Khusus Anak Kini Telah Tersedia di India

[Gambar: androidauthority.com]
Pada tahun 2015 lalu, YouTube untuk pertama kalinya meluncurkan aplikasi khusus anak-anak bernama “YouTube Kids” di Amerika Serikat. Sekarang aplikasi tersebut diluncurkan di belahan dunia yang lain, tepatnya di India, dan tersedia secara gratis di App Store dan Play Store. Seiring dengan peluncuran aplikasi ini di India, YouTube juga telah bekerja sama dengan channel YouTube lokal untuk membuat konten secara eksklusif untuk aplikasi ini. Salah satu channel yang terlibat adalah “ChuChuTV”, yang merupakan channel YouTube terpopuler di India yang menawarkan animasi dan lagu untuk anak-anak.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini secara spesifik ditujukan untuk anak-anak. Penampilan dan kontennya juga disesuaikan dengan anak-anak, sehingga para orangtua tidak perlu khawatir anaknya menonton acara-acara yang tidak patut ditonton oleh anak-anak. User interface aplikasi ini sangatlah sederhana, sehingga akan memudahkan anak-anak untuk mencari video sendiri. Aplikasi ini bahkan dilengkapi dengan fitur voice search yang memungkinkan anak-anak yang belum bisa mengetik untuk mencari video dengan menggunakan perintah suara.

Di samping itu, orangtua  diberikan kontrol lebih pada aplikasi ini. Mereka bisa mengatur panjang durasi yang diperbolehkan bagi anak Anda untuk mengakses aplikasi itu. Anda juga bisa memilih untuk mematikan musik latar dan efek suara, atau memastikan opsi pencarian untuk membatasi video yang bisa ditonton anak.

Sebelumnya, aplikasi ini sudah tersedia juga di Argentina, Australia, Brazil, Kanada, Chili, Kolomboa, Ghana, Irlandia, Kenya, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Nigeria, Peru, Filipina, Rusia, Singapura, Afrika Selatan, Spanyol, Tanzania, Uganda, dan Zimbabwe. Sayangnya, aplikasi ini masih belum tersedia di Indonesia. Namun, YouTube menjanjikan bahwa mereka berencana untuk memperluas layanan YouTube Kids secara bertahap ke negara-negara lainnya.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID