News

Apple Ajukan Gugatan Pada Produsen Charger Apple yang Bajakan

[Foto: izzylaif.com]
Pernahkah Anda membeli aksesoris smartphone melalui toko online? Meskipun terkadang barang yang dijual diberi label “original,” namun Anda harus tetap waspada karena bisa saja barang itu sebenarnya palsu. Masalah ini diangkat oleh Apple dalam gugatannya terhadap sebuah produsen charger Apple palsu. Bahkan, Apple menyebutkan bahwa hampir 90 persen charger Apple yang diklaim asli oleh penjual di Amazon.com, pada kenyataannya palsu.

Dalam kasus ini, Apple menggugat sebuah perusahaan bernama Mobile Star LLC atas tuduhan pelanggaran hak cipta, dan menuduh perusahaan tersebut telah menjual charger Apple bajakan yang diklaim sebagai barang original. Hal ini tentunya akan sangat membahayakan bagi penggunanya, karena tidak seperti produk Apple yang asli, produk ini tidak melalui proses uji coba keamanan. Selain itu juga, Apple memaparkan bahwa charger palsu ini memiliki bodi yang cacat, komponen yang hilang, dan insulasi elektrik yang tidak cukup. Sebagai akibatnya, charger Apple bajakan itu berpotensi untuk overheat, terbakar, atau menyetrum penggunanya meskipun dalam penggunaan normal.

Lebih parahnya lagi, pada kasus ini barang tersebut didistribusikan langsung oleh Amazon. Dengan begini, pengguna pun jadi semakin mudah terbujuk untuk membeli produk tersebut karena mereka merasa bahwa Amazon sudah menjamin keaslian barang tersebut. Menanggapi hal tersebut, Amazon menegaskan bahwa pihaknya sama sekali tidak menoleransi penjualan barang bajakan pada situsnya. Mereka bertekad akan bekerja sama dengan manufaktur dan brand-brand untuk memastikan kualitas barang yang dijual di Amazon, dan menghukum para pembajak agar jera.

Konsumen di Indonesia bisa memetik pelajaran dari kasus ini dan tetap berwaspada ketika membeli barang “original” dari situs jual beli seperti Amazon, Tokopedia, Bukalapak, Kaskus, dan lain-lain. Hal ii berlaku terutama ketika Anda menemukan aksesori smartphone “original” dengan harga yang jauh lebih murah dari yang asli. Untuk amannya, saya sarankan kepada Anda untuk selalu membeli barang asli untuk barang elektronik.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID