News

Apple Akan Segera Hapus Aplikasi-Aplikasi yang ‘Kadaluarsa’ Dari App Store

[Gambar: apple.com]
Apple nampaknya sedang mulai beres-beres di App Store nya. Hal ini bisa dilihat dari pengumuman Apple kepada developer program yang mengenai sebuah proses evaluasi baru yang akan digunakan untuk mendeteksi aplikasi yang ‘bermasalah’ pada App Store. Sebenarnya, apa sih yang tergolong ke dalam aplikasi yang ‘bermasalah’? Pada intinya, aplikasi yang bermasalah merupakan aplikasi yang sudah kadaluarsa alias sudah lama tidak di-update dan aplikasi yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Jika Apple mendeteksi adanya sebuah aplikasi yang bermasalah, mereka akan memperingatkan developer aplikasi tersebut dan memberi mereka waktu 30 hari untuk memperbaharui aplikasi mereka. Jika developer tersebut tidak dapat menyelesaikannya sebelum deadline, maka aplikasi itu akan ditarik dari App Store. Tidak hanya itu saja, aplikasi yang langsung crash ketika baru dibuka juga akan dihapus dari App Store secepatnya.

Dalam surelnya, Apple mengatakan bahwa kualitas sangatlah penting bagi mereka. Mereka juga menambahkan bahwa mereka “menyadari bahwa banyak [developer] yang telah bekerja keras membangun aplikasi yang inovatif dan memperbaharui aplikasi melalui App Store dengan konten dan fitur baru.”

Selain itu, Apple juga mengumumkan bahwa terdapat perubahan lain yang akan diterapkan untuk menambah kenyamanan dalam menggunakan App Store. Kini, nama aplikasi tidak bisa lebih dari 50 karakter. Dengan begini, kini Anda tidak akan lagi melihat deskripsi aplikasi yang teselubung pada nama aplikasi.

Kedua perubahan tersebut mulai diterapkan pada 7 September. Tapi, jangan khawatir jika Anda masih menggunakan aplikasi yang sudah lama tidak diupdate.  Aplikasi yang sudah terpasang pada ponsel Anda sebelumnya tidak akan disentuh sama sekali. Hanya ingat saja, kemungkinan besar Anda tidak akan lagi mendapatkan pembaharuan untuk aplikasi tersebut.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID