Home  »  News   »  
News

Apple Akhirnya Gratiskan Aplikasi-Aplikasi iWork dan iLife Suites Bagi Semua Pengguna Mac dan iOS

[Gambar: apple.com]
Kabar baik bagi seluruh pengguna perangkat Apple! Apple kabarnya telah menggratiskan aplikasi iWork dan iLife suites pada semua penggunanya. Sebenarnya, pada tahun 2013 lalu Apple sebenarnya sudah menggratiskan aplikasi tersebut untuk para pengguna hardware Apple yang baru. Namun, keduanya masih diperjualbelikan pada pengguna yang belum meng-upgrade hardware nya. Kali ini, semua pengguna perangkat iOS dan Mac tanpa terkecuali dapat menikmati aplikasi-aplikasi ini tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun. Berita ini tentunya merupakan kabar baik bagi orang-orang yang tidak pernah membeli perangkat Apple yang baru (secondhand) atau mungkin tidak memiliki perangkat Apple yang baru.


iWork sendiri merupakan paket software keluaran Apple yang fungsinya kurang lebih sama seperti Microsoft Office. Di dalam paket ini, terdapat tiga buah program yakni Pages, Keynote, dan Numbers.  Pages merupakan peranti lunak untuk memproses kata, yang dilengkapi dengan fitur untuk menambahkan gambar, video, bentuk, atau grafik. Aplikasi ini juga memberikan pilihan template yang beragam untuk Anda. Sementara itu, Keynote merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk membuat file presentasi yang menarik dengan mudah. Sementara itu, Numbers adalah sebuah peranti lunak yang lazim digunakan untuk mengolah angka. Sama seperti aplikasi spreadsheet pada umumnya, Numbers memungkinkan penggunanya untuk mengelola data di dalam tabel, melakukan kalkulasi dengan formula tertentu, dan membuat chart atau grafik pie dengan menggunakan data yang dimasukkan ke dalam spreadsheet. Yang jadi perbedaan dari Numbers adalah, ia memungkinkan penggunanya untuk membuat banyak tabel dalam sebuah dokumen pada sebuah kanvas yang fleksibel. Bagi yang belum begitu familiar dengan peranti lunak dari Apple, untuk lebih mudahnya anggap saja Pages itu serupa dengan program Microsoft Word; Keynote serupa dengan Microsoft PowerPoint; dan Numbers serupa dengan Microsoft Excel.

Baca Juga:  Ini Dia 3 Aplikasi Jual Beli Barang Bekas Terbaik yang Patut Dicoba

Sementara itu, iLife merupakan paket peranti lunak keluaran Apple yang berisi aplikasi-aplikasi yang pada umumnya digunakan untuk membuat atau mengedit sebuah media. Paket ini terdiri atas dua aplikasi yakni iMovie dan GarageBand. iMovie merupakan sebuah aplikasi untuk membuat dan mengedit video. Dalam aplikasi ini, pengguna bisa melakukan proses video editing dasar seperti memotong video, menambahkan judul, atau menambahkan musik pada video dari iTunes Library Anda. GarageBand merupakan sebuah aplikasi untuk membuat musik dan podcast pada perangkat Apple. Aplikasi ini menawarkan lebih dari seribu audio yang bisa digunakan di dalam proyek Anda. Aplikasi ini juga mendukung software instrumen dan bisa mengimport suara dari instrumen asli seperti gitar dan keyboard (piano digital).

 

Sebelumnya, iMovie dan GarageBand for iOS dibanderol harga $4.99 (setara Rp 66 ribu) untuk pengguna yang menggunakan perangkat iOS lama. Sementara itu, aplikasi Pages, Keynote, dan Numbers for iOS masing-masing diberi harga $9.99 (setara Rp 132 ribu). Berikut ini daftar aplikasi pada iWork dan iLife suites yang sudah digratiskan beserta sistem operasi minimum untuk menjalankannya

  • iWork Mac: macOS 10.12 ke atas
  • iWork iOS: iOS 10.0 ke atas
  • iMovie Mac: macOS 10.11.2 ke atas
  • iMovie iOS: iOS 9.3 ke atas
  • GarageBand Mac: macOS 10.10 ke atas
  • GarageBand iOS: iOS 10.2 ke atas
Baca Juga:  Adobe Lightroom Untuk Android Kini Sudah Mendukung Format RAW