News

Apple Akhirnya Rilis Aplikasi Kesehatan Berbasis CareKit

[Foto: Apple.com]
[Foto: Apple.com]
Bulan lalu (21/03/2016) Apple mengumumkan CareKit, sebuah framework perangkat lunak yang dirancang untuk membantu pengembang dalam membuat aplikasi yang bisa membantu individu untuk berperan aktif dalam kesehatannya sendiri. Kini, Apple akhirnya meluncurkan beberapa aplikasi yang telah menggunakan platform tersebut.

Aplikasi iPhone yang menggunakan CareKit dapat memudahkan tiap individu untuk memantau rancangan perawatan, gejala yang dirasakan, dan juga konsumsi obat-obatan. Perangkat lunak ini juga dapat memberikan wawasan dan informasi yang akan membantu seseorang untuk lebih memahami kesehatannya sendiri. Dalam pernyataannya, Chief Operating Officer Apple Jeff William mengatakan bahwa “[Apple] percaya bahwa memberikan alat yang bisa membantu seseorang untuk lebih memahami kondisi kesehatannya sangatlah penting. Aplikasi yang dirancang dengan menggunakan CareKit bisa membuat hal ini menjadi kenyataan dengan cara memberdayakan masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga kesehatan mereka.”

[Foto: Aplikasi One Drop bagi penderita diabetes | Onedrop.today]
[Foto: Aplikasi One Drop bagi penderita diabetes | Onedrop.today]
Kini, tiga perusahaan telah merilis aplikasi baru yang menggunakan CareKit sebagai kerangka kerjanya. Aplikasi Start akan membantu orang-orang yang tengah mengkonsumsi anti-depresan untuk berbagi mengenai kondisi mental dan pikirannya pada dokter dengan menggunakan tes kesehatan jiwa yang telah distandarisasi. OneDrop membantu pasien diabetes untus memantau dan mendata gejala yang dialaminya dan membagikan datanya dengan dokter. Sementara itu Glow telah memperbaharui kedua aplikasinya, yakni Glow Nurture dan Glow Baby—aplikasi yang ditujukan untuk ibu hamil dan menyusui— sehingga mereka bisa mengelola kehamilannya maupun berbagi kabar dan kondisi terbaru mereka dengan dokter, ibu rumah tangga, dan anggota keluarga yang lain.

[Foto: Tampilan aplikasi Start | Iodine.com]
[Foto: Tampilan aplikasi Start | Iodine.com]
Tapi itu semua belum seberapa: beberapa bulan yang akan datang anda akan disuguhi oleh sejumlah aplikasi kesehatan yang baru, mulai dari aplikasi untuk mendeteksi gejala penyakit Parkinson, aplikasi untuk mendeteksi autisme pada anak, sampai aplikasi yang memberikan petunjuk perawatan melacak kebutuhan pasca bedah. Sampai hari ini, kerangka kerja perangkat lunak CareKit bisa dengan mudah anda dapatkan melalui GitHub.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID