Home  »  News   »  
News

Apple Digosipkan Bakal Luncurkan iPhone High-End ‘Ferrari’ Tahun Depan

Ilustrasi [Foto: Pixabay.com]
Penghujung tahun pastinya terasa hambar tanpa adanya rumor mengenai iPhone terbaru, smartphone keluaran Apple yang kabarnya bakal dirilis untuk memeriahkan pergantian tahun. Laporan terakhir mengindikasikan gelagat Apple yang nampaknya akan segera merilis tiga model iPhone terbaru awal 2017 mendatang, termasuk satu model high-end yang disebut dengan kode nama “Ferrari.”

iPhone “Ferrari” tersebut dikabarkan akan dilengkapi dengan layar AMOLED untuk memberi pengalaman baru bagi pecinta produk iPhone. Apple memang telah beralih menggunakan layar AMOLED untuk produk-produk iPhone terbarunya. Analis dari KGI Securities Ming-Chi Kuo Maret lalu juga telah mengindikasikan langkah Apple yang beralih dari display LCD kepada layar AMOLED. Hal ini diperkuat oleh rumor sebelumnya, yang mengatakan bahwa perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut telah menghubungi beberapa produsen layar AMOLED seperti Samsung Display, LG Display, Sharp, dan Japan Display.


Sesuai dengan prediksi tersebut, iPhone Ferrari misterius yang sedang hangat dibicarakan ini akan memiliki layar agak besar yang dimuat ke dalam rangka dengan ukuran yang hampir sama, mengindikasikan desain bezel-less.

Seperti dilansir dari PCMag yang mengutip dari situs berita teknologi China CNBeta, Rabu, 28 Desember 2016, menurut dokumen manufaktur Apple, iPhone Ferrari juga akan diproduksi dengan desain internal yang agak berbeda.

Selain layar AMOLED, iPhone Ferari yang akan diluncurkan tahun depan juga kemungkinan akan dilengkapi dengan motherboard terpisah. Seperti yang dilaporkan AppleInsider, kartu sirkuit iPhone baru akan terbagi dua: satu untuk mengoperasikan elemen-elemen, dan yang lain untuk mengoperasikan WiFi dan komponen seluler, yang dihubungkan dengan kabel tipis. Motherboard yang terbagi dua tersebut akan membantu menghemat tempat pada desain iPhone, sehingga Apple bisa memindahkan laci kartu SIM ke bagian bawah ponsel untuk memberi ruang lebih pada komponen internal lainnya.

Model iPhone Ferrari juga digosipkan akan memiliki desain kaca tanpa bingkai, mirim Xiaomi Mi Mix. Tombol “Home” akan terbenam di dalam layar, dan desain produknya juga lebih tipis. Menurut prediksi Kuo, beberapa inovasi teknologi seperti wireless charging juga kabarnya bakal melengkapi produk premium tersebut. Jika hal itu terwujud, maka pengguna iPhone terbaru tak perlu lagi mencolokkan kabel charger untuk mengisi daya ponsel mereka, selamanya.

Kuo juga percaya bahwa Apple akan bekerjasama dengan Pegatron sebagai pemasok wireless charger-nya, bukan dengan Foxconn seperti diberitakan sebelumnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari Apple terkait beberapa rumor yang beredar.