News

Apple Dikabarkan Akan Mengakuisisi Layanan Streaming Musik Tidal

[Foto: Cnet.com]
Menurut Wall Street Journal, Apple berencana untuk mengakuisisi Tidal, sebuah layanan streaming musik yang dimiliki oleh Jay-Z yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan akses pada konten-konten eksklusif Tidal dengan audio yang berkualitas tinggi.

Pembicaraan mengenai akuisisi ini dikabarkan masih berada pada tahap awal dan mungkin saja tidak akan terjadi. Tapi nampaknya Apple memang berniat untuk mendapatkan akses pada konten eksklusif tersebut untuk membantu aplikasi streaming Apple Music yang saat ini nampak kewalahan dalam persaingannya dengan Spotify.

Apple Music sebenarnya telah merilis konten eksklusifnya sendiri, seperti album terbaru Drake yang baru-baru ini dirilis. Tapi, tentunya Tidal sudah lebih dulu mempelopori strategi tersebut. Jay Z—yang merupakan seorang rapper dan pengusaha ternama—membeli Tidal dengan harga $56 juta pada bulan Maret 2015. Kemudian, ia pun merombak layanan tersebut dengan cara menjalin kemitraan dengan berbagai nama-nama besar di dunia musik seperti: Alicia Keys, Calvin Harris, Arcade Fire, Chris Martin dari Coldplay, Beyonce, Daft Punk, Jack White, J. Cole, Jason Aldean, Kanye West, Deadmaus, Madonna, Nicki Minaj, Rihanna, dan Usher.

Apple Music dilaporkan sudah memiliki 15 juta pelanggan berbayar—jauh lebih sedikit dibandingkan Spotify yang memiliki 30 juta pelanggan berbayar dan 100 juta pendengar aktif. Meskipun Apple Music telah berkembang pesat, Apple mungkin memang harus mengakuisisi Tidal untuk semakin menarik pengguna yang sama sekali tidak pernah menggunakan layanan streaming. Selain itu, setidaknya akan lebih mudah jika Apple bekerja sama dengan Tidal yang saat ini masih menjadi salah satu pesaingnya.

Kabar mengenai kerja sama Apple dan Tidal ini nampaknya dipicu juga oleh meningkatnya ketegangan antara Spotify dan Apple. Seperti yang dilansir Recode, Spotify mengklaim bahwa Apple baru-baru ini menolak update untuk aplikasi iOS Spotify karena Spotify memilih untuk menghapus opsi in-app subscriptions atau berlangganan di dalam aplikasi. Spotify mengecam langkah tersebut dan menilai bahwa langkah tersebut akan sangat merugikan kedua pihak dan juga para pelanggan.

“Kita tidak terima jika Apple menggunakan proses persetujuan pada App Store ini sebagai senjata yang digunakan untuk menyerang pesaingnya.” Kata Spotify dalam sebuah pernyataan.

Apakah akuisisi ini akan menjadi kenyataan? Jika memang benar, maka ini akan menjadi kabar baik bagi penikmat streaming musik di Indonesia yang tidak bisa menikmati konten eksklusif di Tidal (seperti album visual milik Beyonce, Lemonade) mengingat layanan Tidal memang belum tersedia di Indonesia.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID