News

Apple Gunakan Drone Untuk Tingkatkan Performa Aplikasi Maps

[Foto: theomcgroup.com]
Dalam usaha untuk mengejar ketertinggalannya dengan Google, Apple memanfaatkan pasukan drone untuk meningkatkan performa dari aplikasi Apple Maps. Kabarnya Apple juga telah mendapat izin dari Federal Aviation Administration (FAA) untuk mengoperasikan drone guna mengumpulkan data berupa video dan foto. Baru-baru ini, Apple juga mulai menggunakan mobil van yang dilengkapi dengan kamera dan sensor untuk mengumpulkan data—sama seperti yang telah dilakukan Google dengan aplikasi Street View-nya.

Menurut surat permohonan izin Apple kepada FAA, mereka berencana untuk menggunakan 11 jenis drone yang berbeda untuk mengumpulkan data. Di antaranya terdapat drone keluaran DJI, Intel AscTec, dan senseFly. Ya, sejauh ini memang belum ada tanda-tanda bahwa Apple akan membuat drone-nya sendiri seperti yang telah dilakukan Google dan Facebook.

Penggunaan drone ini tentunya bisa mempermudah Apple untuk mendata daerah-daerah yang sulit diakses dengan menggunakan mobil dan untuk memonitor keadaan lalu lintas secara langsung. Data yang telah terkumpul kemudian akan langsung dikirimkan ke tim Apple, lalu dimasukkan ke dalam Apple Map untuk meningkatkan akurasinya. Selain drone, Apple juga kabarnya tengah mengembangkan fitur baru untuk aplikasi Maps, yakni fitur untuk melihat bagian dalam bangunan dan peningkatan terhadap navigasi mobil. Pihak Apple sendiri menolak untuk berkomentar mengenai hal ini.

Maps merupakan tool yang terpenting untuk mendorong perkembangan aplikasi-aplikasi traveling, ridesharing, toko online, dan sebagainya. Oleh karena itu, ketika Apple Maps terbukti masih memiliki tingkat akurasi yang rendah, banyak pengguna yang lebih memilih untuk menggunakan Google Maps. Saking buruknya performa Apple Maps, Tim Cook juga bahkan pernah mengeluarkan permintaan maaf karena isu ini dan diisukan telah memecat kepala divisi sistem operasinya, Scott Forstall, karena menolak untuk meminta maaf karena bugs pada softwarenya.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID