News

Apple Jalin Kerja Sama Dengan Startup Ridesharing India, Ola

[Foto: buzzfeed.com]
Ola, startup India yang bergerak di bidang ridesharing ini kabarnya telah bekerja sama dengan Apple untuk memberikan layanan Apple Music bagi penumpang yang menggunakan jasa mereka. Seperti yang dikutip dari The Los Angeles Times, Apple Music beserta layanan musik dari Sony, Fynd, dan Audio Compass akan bergabung dalam sebuah platform yang dinamakan Ola Play.

Dengan layanan Ola Play ini, penumpang bisa mendengarkan musik, menonton video, membaca ebook, dan mengatur suhu mobil melalui tablet yang sudah disediakan di dalam mobil. Para penumpang yang memiliki aplikasi Ola Play pada smartphonenya tinggal mengsinkronisasi aplikasi tersebut dengan sistem in-car Ola, lalu mengontrol pengaturan infotainment dari smartphone mereka. Pesaing Uber ini percaya bahwa layanan ini akan memberikan pengalaman baru dalam menaiki Ola dan memberikan kesan yang lebih personal bagi penumpangnya.

Ini merupakan yang kedua kalinya Apple bekerja sama dengan perusahaan ridesharing besar. Pada bulan Mei lalu, CEO Apple Tim Cook mengumumkan investasi sebesar $1 Milyar kepada perusahaan ridesharing asal Tiongkok, Didi Chuxing. Menurut Cook, investasi strategis tersebut dapat memberikan wawasan mengenai segmen pasar tertentu di Tiongkok.

Konsep yang ditawarkan Ola Play sebenernya bukanlah sesuatu yang baru. Pada tahun 2014 lalu, Uber juga sebelumnya telah bekerja sama dengan Spotify untuk mengintegrasikan kedua layanannya. Integrasi tersebut memungkinkan penumpang untuk memutar playlist Spotify mereka dan mengontrol musik yang diputar ketika mereka memasuki mobil Uber. Tapi tentu saja, dalam hal ini Ola Play menawarkan fitur yang lebih luas daripada Uber.

Di India sendiri, Ola memang mendominasi hampir 75 persen pasar ridesharing. Dengan layanan baru ini, tentunya akan mempersulit perusahaan ridesharing asing seperti Uber untuk bersaing dengan Ola.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID