News

Apple Kembangkan Speaker Siri Untuk Saingi Amazon Echo dan Google Home

[Gambar: Amazon Echo | Amazon.com]
[Gambar: Amazon Echo | Amazon.com]
Apple dikabarkan mempersiapkan sebuah speaker Siri yang akan bersaing dengan Amazon Echo dan Google Home. Seperti yang dilansir The Information, Apple tengah mengembangkan sebuah perangkat berbasis Siri yang akan mencakup speaker dan mikrofon yang dapat digunakan untuk beragam fitur seperti mendengarkan musik, mendengarkan berita, dan banyak lagi.

Selain mengembangkan perangkat tersebut, Apple juga berencana untuk meningkatkan performa Siri dengan cara membuka kesempatan bagi pengembang pihak ketiga untuk turut mengembangkan voice assistant ini. Menurut laporan, Apple dikabarkan telah menyiapkan Siri software development kit yang memungkinkan para pengembang untuk membuat aplikasi dan konten aplikasi mereka dapat diakses melalui perintah suara Siri.

Menurut kabar, Siri SDK kemungkinan akan diperkenalkan pada saat WWDC, yang berarti akses Siri pihak ketiga akan dimasukkan ke dalam iOS 10 dan mungkin OS X 10.12, yang juga dikabarkan akan mendapatkan dukungan Siri.

Baik Amazon maupun Google telah mengembangkan perangkat asisten pribadi rumah yang berbasis platform AI yang dikembangkan oleh masing-masing perusahaan. Dengan speaker Siri ini, Apple nampaknya berencana untuk ikut bersaing dalam bidang ini. Produk ini dikabarkan mampu melakukan beragam fitur, mulai dari memberikan laporan cuaca dan menjawab pertanyaan untuk mengendalikan perangkat smart home seperti lampu dan termostat. Pesaingnya, Amazon Echo, telah dirilis lebih awal dan mendapat sambutan yang baik dari konsumen. Sementara itu, perangkat Google Home yang baru saja diumumkan di Google I/O juga mendukung fitur serupa.

Menurut laporan dari MacRumors, Apple telah mengembangkan speaker Siri ini jauh sebelum debut Amazon Echo pada tahun lalu. Perangkat tersebut mungkin akan mencakup fitur seperti speaker, akses internet, dan kemampuan untuk mengendalikan produk HomeKit. Meskipun begitu, masih belum ada informasi pasti kapan produk tersebut siap diluncurkan oleh Apple.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID