News

Apple Music untuk Android Kini Sudah ‘Lulus’ Dari Status Beta

[Foto: techcrunch.com]
Selama 10 bulan terakhir, aplikasi Apple Music untuk perangkat Android masih berupa versi Beta. Namun, dengan pembaharuan yang keluar pada hari ini (04 Agustus 2016) di Google Play Store, akhirnya Apple Music ‘lulus’ dari status versi Beta dan menjadi Apple Music versi 1.0. Meskipun dalam versi terbaru ini mereka telah memperbaiki beberapa bugs dan menambahkan fitur equalizer yang sudah begitu ditunggu-tunggu, para pengguna tetap belum bisa menggunakan Apple Music pada tablet Android.

Pada awalnya, Apple Music versi Android ini memang telah dirancang seidentik mungkin dengan versi iOSnya. Namun, Apple diam-diam telah menambahkan fitur tambahan yang hanya tersedia pada aplikasi Apple Music untuk Android. Nampaknya, mereka tidak ingin menyia-nyiakan teknologi yang tersedia pada perangkat selain Apple. Pada awal tahun ini saja, Apple Music versi Android memiliki opsi widget homescreen dan kemampuan untuk menyimpan musik offline ke dalam kartu micro SD. Di sisi lain, fitur equalizer yang sudah lama ‘menghilang’ adalah akibat dari perpindahan sistem yang tadinya iOS menjadi Android. Menurut laporan, fitur equalizer ini terletak pada menu Pengaturan (Setting), sehingga tim Apple Music butuh waktu untuk menyesuaikannya dengan Android.

Pembaharuan ini memang tidak cukup untuk menarik perhatian para pengguna Spotify—penyedia layanan streaming musik saingannya—dan membuat mereka beralih pada Apple Music. Namun, langkah untuk membuat layanan streaming musik ini terbuka bagi platform lain selain iOS merupakan pilihan yang cerdas dan efektif.

Aplikasi Apple Music versi terbaru ini sudah bisa Anda unduh melalui Google Play. Jika Anda belum menggunakan aplikasi ini dan tertarik untuk mencoba layanannya, Anda bisa langsung register sekarang juga karena promo trial gratis selama tiga bulan masih ada sampai sekarang.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID