Home  »  News   »  
News

Apple Raih Rekor Penjualan iPhone Pada Kuartal Pertama 2017

[Foto: forbes.com]
Apple dikabarkan telah memecahkan rekor penjualan iPhonenya pada kuartal pertama 2017 ini. Berita ini didapatkan pada laporan pendapatan kuartal Apple yang disampaikan pada hari Selasa lalu (31 Januari 2016). Rupanya, perubahan yang cukup signifikan pada model iPhone 7 (baca: tidak adanya headphone jack) tidak berakibat negatif kepada penjualan iPhone-nya. Tentu saja, kabar ini sangat menggembirakan bagi Apple yang berturut-turut mengalami penurunan pendapatan pada tiga kuartal sebelumnya.


“Kami dengan bangga melaporkan bahwa pendapatan kami pada kuartal liburan kemarin merupakan pendapatan kuartal tertinggi yang pernah diterima Apple yang juga berhasil memecahkan beberapa rekor. Kami menjual lebih banyak iPhones dari sebelumnya dan mencetak rekor pendapatan sepanjang masa untuk iPhone, Layanan Servis, Mac dan Apple Watch,” papar CEO Apple Tim Cook. “Pendapatan dari layanan Servis mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu, yang dipimpin oleh rekaman aktivitas pelanggan di App Store, dan kami juga sangat antusias terhadap produk kami yang akan datang.”

Berikut ini rincian laporan pendapatan Apple pada kuartal ini:

  • Penjualan iPhone mencapai angka 78,3 juta, naik 5 persen dari tahun sebelumnya. Pendapatan juga naik 5 persen, menjadi $54,4 miliar.
  • Di sisi lain, penjualan iPad mengalami penurunan sebesar 19 persen menjadi 13,1 juta. Pendapatannya pun menurun 22 persen menjadi $5,5 miliar.
  • Penjualan Mac meningkat menjadi 5,4 miliar unit, naik 1 persen dari tahun lalu. Namun, pendapatan tahun ke tahun naik 7 persen menjadi $7,2 miliar.
  • Penjualan produk “lainnya”, yang meliputi Apple TV, Apple Watch, produk Beats, iPod, aksesoris Apple dan pihak ketiga, turun 8 persen menjadi $4 miliar untuk kuartal tahun ini.

Apple memperkirakan mereka akan menghasilkan antara $51,5 miliar hingga $53,5 miliar pada kuartal fiskal kedua 2017 dengan margin keuntungan antara 38 dan 39 persen.